Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipeteam Assisted Individualization Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pendidikan Agama Buddha Di Smk Dharma Widya
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di kelas X Multimedia SMK Dharma Widya Tangerang.Hal tersebut ditandai dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian  tindakan kelas dan adanya peningkatan kemandirian belajar peserta didik. Kondisi awal ketercapaian dalam kemandirian belajar peserta didik dengan kriteria kurang hanya mencapai 59,20%. Setelah diadakan penelitian siklus I ketercapaian kemandirian belajar peserta didik dengan kriteria cukup yang dicapai sebesar 77,08% dan siklus II ketercapaian kemandirian belajar peserta didik dengan kriteria baik yang dicapai 83,55%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada pendidikan agama Buddha di kelas X Multimedia SMK Dharma Widya Tangerang.