Efektivitas Metode Peer Group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Akademik (Academic Self-Concept) Peserta Didik Kelas Xi Smk Dharma Widya Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Konsep diri adalah seperangkat instrumen pengendalian akademik, mental, dan kemampuan untuk berpikir seseorang dalam pembelajaran. Konsep diri akademik yang positif membutuhkan siswa untuk membentuk individu yang optimis, percaya diri, berani mencoba, termotivasi dalam pembelajaran, dan meningkatkan kualitas dalam diri. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan konsep akademik siswa adalah kelompok sebaya. Berdasarkan hasil presurvei, siswa kelas sebelas di SMK Dharma Widya masih mengalami kesulitan dalam memahami materi, tidak memiliki motivasi untuk belajar, dan mengalami penurunan prestasi belajar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas metode kelompok sebaya dalam meningkatkan konsep diri akademik siswa kelas sebelas di SMK Dharma Widya tahun ajaran 2014/2015.Desain penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan metode penelitian, tindakan kelas (PTK), yang mencakup perencanaan tindakan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa multimedia (MM) untuk semester pertama kelas sebelas di SMK Dharma Widya tahun ajaran 2014/2015, terdiri dari 23 orang, 19 laki-laki dan empat perempuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif tentang implementasi konsep diri akademik yang positif dan menggambarkan data secara akurat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan, rata-rata konsep diri akademik siswa hanya mencapai 59,28%. Setelah menggunakan metode kelompok sebaya dalam pertemuan pertama, rata-rata satu siklus untuk konsep diri akademik siswa meningkat menjadi 67,54%. Pada pertemuan kedua, untuk satu siklus, konsep diri akademik meningkat menjadi 70,01%. Pada akhir pertemuan pertama dua siklus, peneliti mendapatkan data rata-rata konsep diri akademik siswa sebesar 76,16%. Pada pertemuan kedua dua siklus, observasi menunjukkan rata-rata konsep diri akademik siswa sebesar 83,62%.Kesimpulan dari penelitian ini menemukan bahwa kelompok sebaya dapat meningkatkan konsep diri akademik siswa di kelas sebelas SMK Dharma Widya tahun ajaran 2014/2015, dengan peningkatan yang signifikan dari 70,01% dalam satu siklus menjadi 83,62% dalam dua siklus, sehingga terjadi peningkatan sebesar 13,61%. Saya menyarankan sekolah dapat mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan metode kelompok sebaya agar konsep diri akademik siswa meningkat dan menjadi mampu mengembangkan diri secara pribadi serta aktif dalam pembelajaran untuk mencapai prestasi.