UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT PENILAIAN DAN PROGRAM TINDAK LANJUT MELALUI METODE CONTOH, LATIHAN, COBA DAN KEMBANGKAN DI SMP NEGERI 2 SIBOLGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru membuat Penilaian Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut di SMP Negeri 2 Sibolga pada Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan oleh Peneliti melalui kegiatan supervisi edukatif dengan Metode Contoh, Latihan, Coba dan Kembangkan (CLCK). Subjek penelitian ini adalah 48 orang guru mata pelajaran di SMP Negeri 2 Sibolga semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah pnenelitian tindakan sekolah yang berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, penilaian produk dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan bahwa penerapan supervisi dengan metode CLCK kemampuan guru-guru membuat Penilaian dan Program Tindak Lanjut mengalami peningkatan pada setiap siklusnyaPada kondisi awal kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 64.84 % dan 45.00%.Pada Siklus I kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 79.95 % dan 78.75%.Pada Siklus II kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 97.40 % dan 99.17%.Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya.