UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT PENILAIAN DAN PROGRAM TINDAK LANJUT MELALUI METODE CONTOH, LATIHAN, COBA DAN KEMBANGKAN DI SMP NEGERI 2 SIBOLGA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru membuat Penilaian Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut di SMP Negeri 2 Sibolga pada Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan oleh Peneliti  melalui kegiatan  supervisi edukatif  dengan Metode Contoh, Latihan, Coba dan Kembangkan (CLCK). Subjek penelitian ini adalah 48 orang guru mata pelajaran   di  SMP Negeri 2 Sibolga semester genap  tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah pnenelitian tindakan sekolah yang berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, penilaian produk dan dokumentasi. Hasil  penelitian  tindakan sekolah menunjukkan  bahwa  penerapan supervisi dengan metode CLCK  kemampuan guru-guru membuat Penilaian dan Program Tindak Lanjut  mengalami peningkatan pada setiap siklusnyaPada kondisi awal kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 64.84 % dan 45.00%.Pada Siklus I  kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 79.95 % dan 78.75%.Pada Siklus II  kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 97.40 %  dan 99.17%.Hasil yang diperoleh pada siklus II  telah mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya.