Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Pada Kelas Online Masa Pandemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo

Authors

  • Yanfaunnas Yanfaunnas Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v8i2.304

Keywords:

Learning Start With A Question, Minat Belajar, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya minat belajar kelas online pada masa pandemi covid 19 siswa kelas x mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question  (LSQ). Penelian ini menggunakan pendekatan kualitatif action research melalui model Kemmis and Taggart dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab dengan pendekatan LSQ di siklus I meningkat dari 47,17%. menjadi 62,13%.  Hal ini berarti bahwa penggunaan strategi LSQ mampu menjadi solusi dalam mengatasi rendahnya minat belajar siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai variabel tindakan untuk siklus II. Kedua, tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab dengan strategi LSQ di siklus II meningkat menjadi 79,25%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi LSQ dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas x pada mata pelajaran bahasa arab Tema “Hiwayah†di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo

Downloads

References

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar & Pembelajaran Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2015
Benidiktus Tanujaya dan Jeinne Mumu, Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Belajar, Mengajar, dan Meneliti Yogyakarta: Media Akademi, 2016
Dedi Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Erwin Widiasworo, Strategi dan Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Learning): Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
H. Cholil dan Sugeng Kurniawan, Psikologi Pendidikan; Telaah Teoritik dan Praktik, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011
Khanifatul, Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengolah Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014
Muhammad Yaumi, Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum 2013 Jakarta: Kencana, 2017
Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011
Ngainun Naim, Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011
Prawira Purwa Atmaja, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014
Rusman, Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana, 2017
Slameto, Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Teguh Triwiyanto, Pengantar Pendidikan, Jakarta:PT Bumi Aksara, 2014
Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Indeks, 2011, cet. 2,
Yatim Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran : sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas (akarta: Prenada Media Group, 2014), cet. 4
Zaini Hisyam, Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani,
2008

Downloads

Published

2022-01-03

How to Cite

Yanfaunnas, Y. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Pada Kelas Online Masa Pandemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 43–62. https://doi.org/10.51311/nuris.v8i2.304