Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Pada Kelas Online Masa Pandemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v8i2.304Keywords:
Learning Start With A Question, Minat Belajar, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya minat belajar kelas online pada masa pandemi covid 19 siswa kelas x mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question (LSQ). Penelian ini menggunakan pendekatan kualitatif action research melalui model Kemmis and Taggart dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab dengan pendekatan LSQ di siklus I meningkat dari 47,17%. menjadi 62,13%. Hal ini berarti bahwa penggunaan strategi LSQ mampu menjadi solusi dalam mengatasi rendahnya minat belajar siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai variabel tindakan untuk siklus II. Kedua, tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab dengan strategi LSQ di siklus II meningkat menjadi 79,25%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi LSQ dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas x pada mata pelajaran bahasa arab Tema “Hiwayah†di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo
Downloads
References
Benidiktus Tanujaya dan Jeinne Mumu, Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Belajar, Mengajar, dan Meneliti Yogyakarta: Media Akademi, 2016
Dedi Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Erwin Widiasworo, Strategi dan Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Learning): Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
H. Cholil dan Sugeng Kurniawan, Psikologi Pendidikan; Telaah Teoritik dan Praktik, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011
Khanifatul, Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengolah Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014
Muhammad Yaumi, Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum 2013 Jakarta: Kencana, 2017
Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011
Ngainun Naim, Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011
Prawira Purwa Atmaja, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014
Rusman, Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana, 2017
Slameto, Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Teguh Triwiyanto, Pengantar Pendidikan, Jakarta:PT Bumi Aksara, 2014
Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Indeks, 2011, cet. 2,
Yatim Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran : sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas (akarta: Prenada Media Group, 2014), cet. 4
Zaini Hisyam, Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani,
2008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.