Membangun Desa Bisnis pada Pelaku UMKM Melalui Sertifikasi Produk Halal

Authors

  • Griselda Gian Heris Herdina Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Annisa Nur Azizah Hamdani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Yuliarti Diyah Rahayu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.209

Keywords:

Label Produk, NIB, Pelaku UMKM, Sertifikasi Halal

Abstract

Sertifikasi halal sedang di gencarkan oleh pemerintah dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Label produk sangat mempengaruhi daya tarik pembeli dalam memilih produk, serta legalitas usaha adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan Berdasarkan hasil observasi, pelaku UMKM di Desa Bukur memerlukan pendampingan Proses Produk Halal (PPH), pembuatan label produk dan pembuatan NIB sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas nilai jual dalam cakupan masyarakat yang lebih luas. Meningkatkan daya saing UMKM agar meningkatnya pendapatan dan mempertahankan keberadaannya di era persaingan yang ketat melalui metode ABCD. Deskriptif kualitatif dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Oleh karena itu, mahasiswa KKN IAIN Kediri melakukan sosialisasi dan pendampingan PPH yang mana memfokuskan pada permasalahan-permasalahan yang telah di analisa. Hasilnya, ini akan membantu UMKM setempat dalam meningkatkan kualitas mutu produk melalui sertifikasi halal dan juga daya tarik produk melalui label kemasan sehingga dapat bersaing di pasaran. Keuntungan lainnya yaitu untuk mengenalkan identitas produk mereka kepada konsumen dan juga sebagai tanda pembeda dengan produk lainnya.

References

Angipora & Marinus. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 192.

Hari Purwanto, Apriyanti, Heny Sidanti, Hendra Setiawan, Ayu Setya Sujianti (2022). Labelling, Packaging dan Digitalisasi Pemasaran pada UMKM di Madiun pada Keripik Tahu Walik, JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(1).

Hana Catur Wahyuni, P. H. (2022). Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 6 (1).

Kimber & Louw. 2007. Pengaruh Pengemasan dan Perlabelan Pada Produk Makanan Khas Daerah Pekalongan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17 (1), 1-10.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. J. Sos. Hum, 4(6), 181–191.

Maryama S., Yandri P., Imal, and Istima. (2018). Pembuatan Packaging Dalam Upaya, SEMBADHA 2018 Semin. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 156–159.

Oktaviani, N. & Yasa, P. (2022). Urgensi Legalitas Usaha bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Jurnal Pendidikan.

Rafianti, F., Krisna, R., & Radityo, E. (2022). Dinamika Pendampingan Manajemen Halal Bagi Usaha Mikro dan Kecil Melalui Program Self Declare. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 636–643.

Rimayanti, Ardian Trio Wicaksono, Khairunnisa, Anwar Hafidzi. (2023). Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) secara Online oleh Halal Center Universitas Islam Negeri Antasari BanjarmasinJurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 71-80.

Sarwat, A. (2012). Seri Fiqih Kehidupan: Kuliner. Rumah Fiqih Publishing.

Sayekti, N. W. (2014). Jaminan Produk Halal dalam Perspektif Kelembagaan. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 5(2), 193–209.

Sudaryanti D., Sholehuddin S., and U. I. Malang, “Melalui Pelatihan Packaging Dan Packing Di Rw 01 Kelurahan,” 2022.

Sa’diyah, H. (2020). Inovasi Pengemasan Dan Pelabelan Dalam Meningkatkan Daya Saing. Al-Iqtishady: Jurnal Ekonomi Syari'ah, 1(2), 56-67.

Ulum, B. (2022). Pendampingan Sertifikasi Halal Self Declare Pada Usaha Mikro dan Kecil Binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu Sulawesi Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia.

Widyakanti, R. Y. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan 2(2).

Yuli Agustina, d. (2019). Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Graha Pengabdian . 1(2).

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Herdina, G. G. H. ., Hamdani, A. N. A., & Rahayu, Y. D. (2023). Membangun Desa Bisnis pada Pelaku UMKM Melalui Sertifikasi Produk Halal . NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 111–121. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.209

Issue

Section

Articles