Peran Media Digital dalam Meningkatkan Branding Desa Wisata

Authors

  • Muhammad Nabil Khasbulloh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Latifah Bela Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Irma Niawati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Ahsanul Huda Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Nexsa Kirara Jeaqulien Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.243

Keywords:

Editing Video, Digital Marketing, Desa Wisata, Branding

Abstract

Digital Marketing merupakan hal yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk sebuah brand atau merek. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran Desa Bulusari, khususnya Dusun Sawur, sebagai desa wisata melalui Digital Marketing. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang diterapkan adalah metode Asset Based Community Development (ABCD). Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak organisasi pemuda antara lain: karang taruna, peradah, IPNU-IPPNU dan PokDarWis sebagai peserta pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan video editing dan Digital Marketing bermanfaat bagi pemuda Desa Sawur dalam mendorong masyarakat khususnya pemuda untuk aktif, inovatif dan kreatif. Setelah pelatihan, para pemuda menjadi lebih aktif dalam memposting kegiatan-kegiatan yang ada di Dusun Sawur melalui jejaring sosial. Para pemuda Dusun Sawur juga dapat memahami dasar-dasar editing video, dengan mudah mempraktekkan dan mendapatkan pengetahuan dan perspektif baru tentang pemasaran digital. Tujuannya agar potensi desa wisata semakin dikenal Masyarakat luas dan mau berkunjung ke Desa Sawur untuk berwisata.

References

APJJII. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia tembus 215 Juta Jiwa. bisnis.com. https://teknologi.bisnis.com/read/20230308/101/1/apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

Artasasmita. (1998). Pedoman Merancang Kursus dan Latihan. Pendidikan Luar Sekolah FIP IKIP.

Aryani, V., Azza, B., Rahadian, D., & Kusuma, B. (2019). Pedoman Desa Wisata. Deputi Bidang pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata.

Ayesha, I., Amaliyah, I. W. A. P. S. H., Yusnanto, N. I. E. T., Firdaus, N. D. M. S. D. R. D. U. A., Fitriana, M. M., & Egim, N. A. S. (2022). Digital Marketing.

Darmayanti, P. W., I Made Darma Oka, & Fransiska Fila Hidayana. (2023). Peran Digital Marketing Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.53356/diparojs.v3i2.78

Fasa, A. W., Berliandaldo, M., & Prasetio, A. (2022). Sustainable Tourism Villages Development Strategy in Indonesia: PESTEL Analysis Approach.

Fitriyah. (2023). Fitriyah.

Herdina, G. G. H. ., Hamdani, A. N. A., & Rahayu, Y. D. (2023). Membangun Desa Bisnis pada Pelaku UMKM Melalui Sertifikasi Produk Halal. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 111–121. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.209

Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412

Nurmadewi, D. (2006). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK).

Saptoyo, R. D. A. (2023). Seminar: Pengertian, Tujuan, Syarat, Ciri, Fungsi, dan Unsur.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Khasbulloh, M. N. ., Bela, L. ., Niawati, I. ., Huda, A. ., & Jeaqulien, N. K. . (2023). Peran Media Digital dalam Meningkatkan Branding Desa Wisata. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.243

Issue

Section

Articles