Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Era New Normal: Strategi dan Program Kegiatan Pembiasaan Pembentukan Akhlak

Authors

  • Uswatun Hasanah RA Muslimat NU Gumawang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v3i1.1010

Keywords:

Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Program Kegiatan Pembiasaan, Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter di era new normal melalui strategi dan program kegiatan pembiasaan dalam membentuk akhlak anak usia dini. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di RA Muslimat NU Gumawang Kecamatan Wiradesa. Subjek primer dalam penelitian ini adalah guru dan empat wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kegiatan pembiasaan adalah (1) kegiatan upacara bendera yang dapat membentuk karakter cinta tanah air, (2) program pembiasaan salat Duha berjamaah, BTQ, dan tahfidzul Qur’an yang dapat membentuk karakter religius anak, dan (3) program pembiasaan senam dan kerja bakti setiap hari Jumat yang dapat membentuk karakter peduli pada lingkungan. Strategi pembelajaran dan pembiasaan yang dilakukan guru pada program kegiatan pembiasaan adalah dengan melibatkan langsung peserta didik dalam kegiatan tersebut, mendemonstrasikan dan mencontohkan setiap kegiatan pembiasaan itu berlangsung, dan melibatkan orang tua sebagai tindak lanjut dari nilai-nilai setiap kegiatan pembiasaan yang harus dibiasakan di rumah

Published

2023-06-19

How to Cite

Uswatun Hasanah. (2023). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Era New Normal: Strategi dan Program Kegiatan Pembiasaan Pembentukan Akhlak. Asghar : Journal of Children Studies, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.28918/asghar.v3i1.1010

Issue

Section

Artikel