Keterlibatan Orang Tua dan Guru Terhadap Peningkatan Perkembangan Bahasa Melalui Pendekatan Whole Language Pada 3 Anak Usia 5- 6 Tahun

Authors

  • Mentari Romadhoni Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Diah Puspitaningrum Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v3i2.1312

Keywords:

Keterlibatan orangtua dan guru, Pendekatan whole language, Perkembangan bahasa anak

Abstract

Pada hakikatnya orang tua merupakan pondasi utama dalam tumbuh kembang anak. Terkait akan perkembangan bahasa, bahasa yang diterima anak pertama kali tentu dari orangtuanya sejak ia masih dalam kandungan. Seiring mereka tumbuh dan berkembang guru disekolah menjadi penerus dalam pemberian stimulus yang baik untuk anak sejak dini, seperti halnya dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan suatu pendekatan whole language  untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat, mengetahui keterlibatan guru dan orangtua terhadap peningkatan perkembangan bahasa melalui pendekatan whole language pada 3 anak usia 5-6 tahun di TK ABA 03 Kraton Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan  mengkaji fenomena secara mendalam, dengan memakai jenis salah satu jenis penelitian kualitatif yaitu Penelitian lapangan ( Field Research).  Penelitian ini menghasilkan peningkatan perkembangan bahasa anak yang terjadi pada ketiga anak tersebut. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian perkembangan bahasa anak di TK tersebut terlihat dan mengalami peningkatan dengan menerapkan pendekatan whole language  dalam proses pembelajaran bahasa anak.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Mentari Romadhoni, & Diah Puspitaningrum. (2023). Keterlibatan Orang Tua dan Guru Terhadap Peningkatan Perkembangan Bahasa Melalui Pendekatan Whole Language Pada 3 Anak Usia 5- 6 Tahun. Asghar : Journal of Children Studies, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.28918/asghar.v3i2.1312