Pengembangan Alat Permainan Edukatif Smart Sexual untuk Meningkatkan Pengetahuan Seksual Anak

Authors

  • Diah Ayu Safitri Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Babalan Kidul Bojong Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v3i2.1370

Keywords:

Anak Usia Dini, APE Smart Se, Pendidikan Seksual

Abstract

Pendidikan seksual yang masih dianggap hal tabu sudah seharusnya diberikan sejak usia dini, agar anak dapat membentengi diri dari tindak perilaku pelecehan seksual. Inovasi dan kreasi yang mengikuti era digital sudah seperlunya di gencarkan seperi halnya APE berbasis aplikasi edukasi seperti materi edukasi mengenai pendidikan seksual untuk anak usia dini. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan alat permainan edukatif SMART SE untuk meningkatkan pengetahuan seksual anak di kelompok B TK Pertiwi Bojong Lor.   Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) mengusung proses pengembangan  Borg & Gall dengan subyek penelitian adalah Siswa Kelompok B TK Pertiwi Bojonglor sebanyak 15 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, obs ervasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif dalam proses pengembangan produk dan kelayakan produk yang dihasilkan. Hasil penelitian uji kelayakan APE Smart Seberdasarkan penilaian ahli materi memperoleh presentase 95, 83% masuk kedalam kategori “sangat layak” dan penilaian ahli media memperoleh skor 46 dengan presentase 95, 83% masuk kedalam kategori “sangat layak”.  Pada uji pra sebelum menggunakan aplikasi Smart SE mendapatkan skor presentase 43,75 % masuk kedalam kategori BB (belum berkembang) dan MB (mulai berkembang). Adapun hasil uji coba lapangan terbatas mendapat presentase 62.50 %  kategori layak dan uji coba lapangan luas mendapat skor presentase 82 % kategori sangat layak.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Diah Ayu Safitri. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Smart Sexual untuk Meningkatkan Pengetahuan Seksual Anak. Asghar : Journal of Children Studies, 3(2), 144–154. https://doi.org/10.28918/asghar.v3i2.1370