Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Lompat Tali Di RA Tarbiyatul Banin Pati Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.28918/asghar.v3i2.2060Keywords:
Kecerdasan kinestetik, permainan lompat taliAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik dengan melalui permainan Lompat Tali di kelompok B RA Tarbiyatul Banin. Metodologi dalam penelitian ini terdiri: (1) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan dua siklus, yaitu: siklus I, dan siklus II. (2) Subyek yang diteliti adalah siswa kelompok B dengan jumlah siswa 23 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. (3) Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes, yaitu observasi, dan dokumentasi. (4) Teknik analisis data meliputi: analisis deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi dan kuantitatif dengan menghitung nilai kecerdasan kinestetik anak yang kemudian dibandingkan peningkatannya siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa permainan lompat tali dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di kelompok B RA Tarbiyatul Banin. Hal ini ditunjukkan dari pencapaian indikator keberhasilan yaitu secara klasikal kecerdasan kinestetik anak yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) minimal sebesar 85%. Pada pra siklus, kecerdasan kinestetik anak yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) pada pra siklus baru sebesar 0%. Kemudian meningkat pada siklus I meningkat menjadi 26% atau mengalami peningkatan sebesar 26% dibandingkan Prasiklus I. Pada siklus II kecerdasan kinestetik anak meningkat lagi dan menjadi 91,4% dan pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan, sehingga peningkatan kecerdasan kinestetik anak dapat diupayakan melalui permainan lompat tali.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maftukhatun Ni'mah, Fatmawati Nur Hasanah, Aan Fadia Annur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.