Pengembangan Game Edukatif dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4190Keywords:
Anak Usia Dini, Game Edukatif; KeaksaraanAbstract
Game edukatif dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaran pada anak usia dini. Riset game edukatif bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan research and development (R&D) yang mengadaptasi model 4D-Thiagarajan yakni define, design, develop dan disseminate. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik PAUD Anggun Pekalongan (N=12). Teknik analisis data dengan kuantitatif-deskriptif, berupa rerata skor validasi. Hasil penelitian bahwa tingkat kelayakan game edukatif yang dikembangkan sebesar 92,5% untuk materi; dan 95,25% untuk media. Hasil tes keterampilan memecahkan masalah, mencapai ketuntasan secara klasikal 93,3% dengan kriteria sangat baik dengan 82,8 rata-rata nilai peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa media game edukatif layak dan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa keaksaraan anak usia dini.