Pengembangan Game Edukatif dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini

Authors

  • Irfan Universitas Terbuka
  • Siti Isyanti TK Mutiara Hati

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4190

Keywords:

Anak Usia Dini, Game Edukatif; Keaksaraan

Abstract

Game edukatif dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaran pada anak usia dini. Riset game edukatif bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan research and development (R&D) yang mengadaptasi model 4D-Thiagarajan yakni define, design,  develop dan disseminate. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik PAUD Anggun Pekalongan (N=12). Teknik analisis data dengan kuantitatif-deskriptif, berupa rerata skor validasi. Hasil penelitian bahwa tingkat kelayakan game edukatif yang dikembangkan sebesar 92,5% untuk materi; dan 95,25%  untuk media. Hasil tes keterampilan memecahkan masalah, mencapai ketuntasan secara klasikal 93,3% dengan kriteria sangat baik dengan 82,8 rata-rata nilai peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa media game edukatif layak dan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa keaksaraan anak usia dini.

Published

2021-06-21

How to Cite

Irfan Haris, & Siti Isyanti. (2021). Pengembangan Game Edukatif dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini . Asghar : Journal of Children Studies, 1(1), 81–91. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4190

Issue

Section

Artikel