PENGARUH PEMBIASAAN TUJUH SUNNAH RASULULLAH SAW TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMK INFORMATIKA PESAT

  • Mega Samsiahtul Hasanah Universitas Ibn Khaldun
  • Gunawan Ikhtiono Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Kamalludin Kamalludin Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Akhlak, Pembiasaan, Tujuh Sunnah Rasulullah SAW

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan tujuh sunnah Rasulullah SAW, proses pembentukan akhlak siswa dan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan tujuh sunnah Rasulullah SAW terhadap pembentukan akhlak siswa dalam kehidupan modern di SMK Informatika PESAT. Dengan metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif metode survei dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembiasaan tujuh Sunnah Rasulullah SAW dilakukan disekolah setiap hari (senin-jum’at)  kecuali sholat tahajjud yang dilaksanakan satu semester dua kali untuk satu angkatan dan untuk proses pembentukan akhlak dilakukan dengan pengenalan ibadah, program empati, dan budaya 5S. Serta ada pengaruh yang signifikan antara pembiasaan tujuh Sunnah Rasulullah SAW terhadap pembentukan akhlak siswa dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 kemudian ditunjukkan dengan (R) yaitu sebesar 0.585 yang berkategori sedang/cukup. Adapun besarnya pengaruh diantara kedua variabel tersebut yakni sebesar 34,3% yang dibuktikan (R2 = 0.343) sedangkan sisanya merupakan variabel lain sebesar 65,7%

Published
2023-02-08
How to Cite
Hasanah, M., Ikhtiono, G., & Kamalludin, K. (2023). PENGARUH PEMBIASAAN TUJUH SUNNAH RASULULLAH SAW TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMK INFORMATIKA PESAT. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 43-58. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/418