Peran Financial Technology pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah

Authors

  • Denas Hasman Nugraha STAI Terpadu Yogyakarta, Indonesia
https://doi.org/10.54396/qlb.v3i2.667

Keywords:

Financial Technologi;, Pembayaran Non Tunai, Lembaga Keuangan Mikro Syariah, KSPPS Yaummi MAS

Abstract

Financial Technology (FinTech) saat ini mengalami perkembangan yang pesat dan telah mengubah cara kita mengelola dan mengakses layanan keuangan. Perkembangan fintech saat ini mencakup berbagai aspek keuangan, mulai dari pembayaran hingga investasi dan asuransi. Tidak terkecuali dengan lembaga keuangan mikro syariah, yang sampai saat ini terus berbenah untuk mengikuti perkembangan fintech dengan memanfaatkannya untuk layanan kepada nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran fintech yang di gunakan oleh KSPPS YAUMMI MAS juga pada perkembangan yang disebabkan penggunaan layanan fintech tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di KSPPS YAUMMI MAS yang berlokasi di Pati, Jawa Tengah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fintech yang digunakan adalah Yaummi Mobile dimana aplikasi tersebut mempermudah transaksi nasabah, karena mereka dapat melakukan transaksi di mana saja. Sedangkan untuk perkembangan dari penggunaan Yaummi Mobile yaitu dalam meningkatkan laba, memangkas biaya operasional dan hal ini juga memungkinkan KSPPS YAUMMI MAS untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada nasabah.

##submission.downloads##

Published

2023-05-31

How to Cite

Denas Hasman Nugraha. (2023). Peran Financial Technology pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(2), 65-79. https://doi.org/10.54396/qlb.v3i2.667

Citation Check