IMPLEMENTASI MODEL SURVEY QUESTION READ RECITE AND REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA BANGSA INDONESIA DALAM MENGAHADAPI ARUS GLOBALISASI DI KELAS IX.G SMP NEGERI 2 SIBOLGA

Abstract

Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagian besar dilaksankan dengan  menggunakan pendekatan konvensional dengan menggunakan ceramah sebagai metode utama yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. Dengan pendekatan ini proses pembelajaran berjalan dengan satu arah, sehingga siswa aktivitas belajar siswa hanya mendengarkan dan mencatat (siswa pasif). Penulis memilih pendekatan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)  agar pembelajaran menjadi aktif dan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan mudah tercapai. Penelitian tindakan kelas ini menjelaskan Model SQ3R untuk meningkatkan aktivitas  belajar siswa Perubahan Sosial Budaya Bangsa Indonesia Dalam mengahadapi Arus Globalisasi di kelas IX.G SMP Negeri 2 Sibolga  Semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam empat  kelompok kegiatan yang meliputi  : Kegiatan perencanaan tindakan, Pelaksanaan  tindakan, Observasi dan Refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model SQ3R terjadi adanya peningkatan aktivitas belajar 43.66 %, yang memberikan dampak terhadap peningkatan hasil belajar hingga mencapai rata-rata kelas :  80.37 yang semula 59.67. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Dari hasil isian angket yang diberikan kepada 30 siswa menyatakan bahwa  proses belajar mengajar menggunakan Model SQ3R, 100% responden menyatakan bahwa  lebih jelas dan menyenangkan.Kesimpulan  penulis  bahwa Model SQ3R merupakan  model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar  siswa materi Perubahan Sosial Budaya Bangsa Indonesia Dalam mengahadapi Arus Globalisasi  di kelas IX.G SMP Negeri 2 Sibolga T.P. 2021/2022