PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI HAFALAN QUR'AN PADA SANTRI HALAQAH KIBAR

Authors

  • Zhahrul Makhfud Institu Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Edy Muslimin Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Iffah Mukhlisah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.261

Keywords:

Memorization Achievement, Personality Competence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi hafalan quran santri halaqah kibar di Rumah Tahfidz Al-Awwab, Ginung. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Metode kuantitatif korelasional merupakan teknik analisa statistic mengenai hubungan dua variabel atau lebih. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka terdapat hasil berupa kesimpulan sebagai berikut: 1) Kompetensi kepribadian guru tahfidzul quran halaqah kibar di Rumah Tahfidz Al-Awwab mayoritas sebanyak 19 orang (86,36%) masuk dalam kategori SANGAT BAIK. 2) Prestasi hafalan Quran santri halaqah kibar di Rumah Tahfidz Al-Awwab, Ginung, Gajahan Kecamatan Colomadu, Karanganyar mayoritas yaitu 10 orang (45,45%) responden berada pada nilai 89.3 > X ≥ 80.9 berada dalam kategori BAIK. untuk frekuensi terbanyak selanjutnya adalah kategori sangat baik dan kategori cukup dengan frekuensi 5 orang atau sebesar 22,72%. 3)Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi hafalan Quran santri halaqah kibar di Rumah Tahfidz Al-Awwab, Ginung, Gajahan Kecamatan Colomadu, Karanganyar memiliki KORELASI LEMAH

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Makhfud, Z. ., Muslimin, E., & Mukhlisah, I. (2023). PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI HAFALAN QUR’AN PADA SANTRI HALAQAH KIBAR . Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 134–142. https://doi.org/10.54090/alulum.261

Issue

Section

Articles