RANCANG BANGUN SISTEM WEB MONITORING KUALITAS UDARA DI DALAM RUANGAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

Dalila Husna Yunardi, Alim Misbullah, Gilang Gemilang

Abstract


Semakin banyak orang yang bekerja di dalam ruangan, terutama sejak wabah COVID-19 melanda. Saat ini, tidak ada cara yang baik untuk mengetahui kualitas udara di dalam ruang tertutup. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem berbasis web yang dapat menampilkan informasi kualitas udara di dalam ruangan berupa suhu, kelembapan, dan kadar Volatile Organic Compound (VOC); yang merupakan indeks penilaian kualitas udara dalam ruangan. Sensor digunakan untuk mendeteksi suhu, kelembaban dan VOC, sedangkan mikrokontroler digunakan untuk mengirimkan data dari sensor ke database secara real time. Sistem dirancang menggunakan metode Sugeno Logika fuzzy; yang membantu dalam mengkategorikan kualitas udara. Hasil pengolahan data menggunakan Logika fuzzy dibandingkan dengan simulasi pada MATLAB, dan didapatkan nilai error sebesar 0%, yang menunjukkan bahwa Logika fuzzy yang ditanamkan pada sistem bekerja dengan sangat baik. Hasil pengujian dengan metode Black Box Testing menghasilkan semua fungsi pada sistem berhasil dijalankan.


Keywords


Kualitas Udara; Senyawa Organik Volatil; Mikrokontroler; Sensor; pengujian Kotak Hitam; Logika Fuzzy Sugeno

Full Text:

PDF

References


“PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA.”

Yulianto and N. Amaloyah, TOKSIKOLOGI LINGKUNGAN. 2017.

K. Nugroho, “MODEL ANALISIS PREDIKSI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES.”

J. Waworundeng and O. Lengkong, “Sistem Monitoring dan Sistem Monitoring dan Notifikasi Kualitas Udara dalam Ruangan dengan Platform IoT Indoor Air Quality Monitoring and Notification System with IoT Platform”.

B. W. Dionova, M. N. Mohammed, S. Al-Zubaidi, and E. Yusuf, “Environment indoor air quality assessment using fuzzy inference system,” ICT Express, vol. 6, no. 3, pp. 185–194, Sep.

A. Farmadi, D. TNugrahadi, F. Indriani, O. Soesanto, and I. komputer U. L. M. J. Y. Km, “SISTEM FUZZY LOGIC TERTANAM PADA MIKROKONTROLER UNTUK PENYIRAMAN TANAMAN PADA RUMAH KACA,” Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 04, no. 02, 2017.

S. Ulrich, I. S. Bright, R. Cristian, R. Santos, and P. Lima, “ESP32: BME680 Environmental Sensor using Arduino IDE (Gas, Pressure, Humidity, Temperature),” ESP32: BME680 Environmental Sensor using Arduino IDE (Gas, Pressure, Humidity, Temperature), May 13, 2021. https://randomnerdtutorials.com/esp32-bme680-sensor-arduino/

M. F. N. M. Y. H. Setyawan, Monograf Pengendalian Anggaran Dengan Metode Fuzzy Logic Sugeno Dan Fuzzy Logic Mamdani Dan Implementasinya Pada Aplikasi Web. Kreatif Industri Nusantara, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=%5C_trWDwAAQBAJ

H. Kusumah, I. Handayani, and P. Susilo, “Prototipe Monitoring Kualitas Udara Ruangan Berbasis Awan Adafruit SGP30 Air Quality Sensor,” Technomedia Journal, vol. 3, pp. 121–132, Aug. 2018, doi: 10.33050/tmj.v3i1.460.

Q. Hidayati, F. Z. Rachman, M. A. S. Rimbawan, T. Elektro, P. N. Balikpapan, and S. H. Km, “SISTEM MONITORING KUALITAS UDARA BERBASIS FUZZY LOGIC”.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v7i1.17363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dalila Husna Yunardi, Alim Misbullah, Gilang Gemilang

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.