PENGGUNAAN DATA PADA TWITTER DALAM KLASIFIKASI DAN VISUALISASI CYBERBULLYING DENGAN ALGORITMA SVM (SUPPORT VECTOR MACHINE)

Kikye Martiwi Sukiakhy, Junidar Junidar, Sri Azizah Nazhifah

Abstract


Berkembangnya teknologi indormasi saat ini diiringi juga dengan meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat Indonesi, namun terdapat fakta bahwa ternyata kasus-kasus cyberbullying juga mengalami peningkatan yang cukup tajam. Cyberbullying merupakan semua bentuk dari kekerasan atau perundungan yang dialami oleh anak-anak atau remaja yang dilakukan oleh anak seusia mereka melalui media internet dan memanfaatkan teknologi informasi. Cyberbullying merupakan tindakan perundungan yang bertujuan menghina, mengejek, menekan, menakut-nakuti atau bahkan mempermalukan korban melalui teknologi digital dan jaringan internet. Dalam menentukan unsur cyberbullying dapat menggunakan Algoritma SVM (Support Vector Machine) yaitu dengan cara melakukan klasifikasi data Twitter ke dalam beberapa kelas kategori unsur cyberbullying. Hasilnya merupakan banyaknya tweet yang dari setiap kelompok yang menunjukan frekuensi kata tersebut digunakan. Setelah itu semua datanya akan dikonversikan kedalam bentuk grafik dan gambar agar lebih mudah dipahami dengan menggunakan sistem visualisasi data. Dari keseluruhan tweet yang diperoleh, Hewan memiliki persentase jumlah tweet 30%, Psikologi 19.97%, Kecacatan 19.09%, Umum 15.39%, Sikap 10.45%, dan Kategori sebesar 5.1%. Kategori yang paling tinggi menuju yang paling rendah secara berurutan yaitu: Psikologi, Umum, Kecatatan dan Sikap dengan frekuensi tweet yang paling tinggi pada setiap kategori dengan berurutan berdasarkan pada urutan kategori unsur cyberbullying yaitu: Tolol, Gila, Jelek, Setan dan Goblok. Sedangkan unsur cyberbullying terendah dari tiap kategori adalah Keparat, Udik, Idiot, dan Bejad.

 


Keywords


Twitter; Klasifikasi; Cyberbullying; Visualisasi; SVM

Full Text:

PDF

References


Rumra, N., & Rahayu, B. (2021). Perilaku Cyberbullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, 3(1), 41-48. Retrieved from https://jurnal.rs-amino.jatengprov.go.id/index.php/JIKJ/article/view/32.

Rahayu, flourensia sapty. (2013). CYBERBULLYING SEBAGAI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 22-31. https://doi.org/10.21609/jsi.v8i1.321

sinaga silvia, “Visualisasi Data Twitter Menggunakan Elasticsearch, Logstash, Dan Kibana,” universitas gajah mada, 2015.

K. Lokesh and B. Parul Kalra, “Text Mining: Concept, Process, and Applications,” Glob. Res. Comput. Sci., vol. 4, p. 3, 2013.

M. Yazici, “Deriving insight from text mining and machine learning | IBM Big Data & Analytics Hub,” IBM Bigdata & Analitic, 2014. [Online]. Available: http://www.ibmbigdatahub.com/blog/deriving-insight-text-mining-and-machine-learning. [Accessed: 28-Jan-2018].

statistika, “Support Vector Machines (SVM) Introductory Overview,” Quest Software Inc, 2017. [Online]. Available: http://www.statsoft.com/Textbook/Support-Vector-Machines. [Accessed: 28-Jan-2018].

B. Aisen, “A Comparison of Multiclass SVM Methods,” MIT. [Online]. Available: courses.media.mit.edu/2006fall/mas622j/Projects/aisen-project/. [Accessed: 19-Feb-2017].

f. w. pramudita, “Accuracy Assessment Untuk Kelas Klasifikasi Terbimbing (Supervised Classification) dan Klasifikasi Tak Terbimbing (Unsupervised Classification) Kota Bogor,” bogor, 2015.

Y. Yudiyanti and S. Rahayu, “Peran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Dalam Membangun Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism).” yogyakarta, 2013.

T. Y. and K. A. Y. Fukushima, “Audience Ratings Prediction of TV Dramas Based On Cast and Their Popularity,” IEEE Second Int. Conf. Multimed. Big Data, pp. 279–286, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v7i1.17358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kikye Martiwi Sukiakhy, Junidar Junidar, Sri Azizah Nazhifah

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.