KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Yusran Asnawi, Rauzatun Nisa, Rahmat Musfikar

Abstract


Kemajuan teknologi memberi pengaruh yang besar terhadap dunia Pendidikan. Salah satunya ialah penerapan e-learning, namun pada kenyataannya pembelajaran e-learning memiliki beberapa kelemahan.  Sehingga alternatif dari kelemahan e-learning adalah model pembelajaran blended learning. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesiapan guru dalam implementasi model pembelajaran blended learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan model E-learning Readiness (ELR) memakai kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan aplikasi SmartPLS di SMAN 2 Kuta Baro bahwasanya guru siap dalam implementasi blended learning

Keywords


Kesiapan, Guru, Implementasi, Blanded learning

Full Text:

PDF

References


Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. jurnal kependidikan, I, 24-44.

Asiba, W. P. (2020). Pentingnya Teknologi bagi Guru pada Masa Pandemic covid 19. Riau: Universitas Riau.

Annisa, R. S. (2013). Strategi Blanded Learning untuk peningkatan kemandirian dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, XI, 32-43.

Permendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Evita, Y., & Muhammad, H. (2020). Kesiapan Guru dalam Implementasi E-learning Dimasa Pandemi. Jurnal UMJ-PAI, 138-146.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Vera, F. (2022). Kajian Blended learning Sebagai ALternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 205-216.

Nasution, N. J. (2018). Buku Model Blanded Learning. Riau: Unilak Press.

Walib, A. (2018). Model Blended learning Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 855-866.

Vicky, D. W., & Putri, R. (2016). Pembelajaran Blended learning zmelalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 513-521.

Nasya, A. S., & Pipin, A. (2020). Analisis Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 137-158.

Nisa, A. N. (2013). Analisis Kesiapan Guru IPS di SMP Se-Kecamatan Bawang Banjarnegara dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Harmony, 60-67.

Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, II, 35-40.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cengiz, H. A., & Deniz, T. (2005). Measuring Readiness for E-learning: Reflections from an Emerging Country. Turkey: Anadolu Universitas, School of Communication Sciences.

Al-Fajri, S. (2018). Pengukuran Tingkat Kesiapan Penerapan E-learning di SMKN 1 Banyumas. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Achmadi, C. a. (2013). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, W. A. (2015). Pertial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis, 1st ed. Yogyakarta: ANDI.

Sugiono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v7i1.17821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yusran Asnawi, Rauzatun Nisa, Rahmat Musfikar

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.