Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Mawaddah Warahmah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Risnita UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M. Syahran Jailani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.32

Abstract

Rencana dan prosedur penelitian yang terdiri dari langkah-langkah berdasarkan asumsi luas sebagai dasar menentukan metode dalam pengumpulan data, analisis atau interpretasi data merupakan definisi dari pendekatan penelitian. Tujuan dalam kajian ini adalah untuk mengetahui pendekatan dan tahapan penelitian dalam kajian pendidikan anak usia dini. pendekatan dalam kajian ini menggunakan pendekatan kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data yakni dokumentasi yang berupa buku-buku dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik analisa data dalam kajian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari kajian ini dapat diuraikan bahwa penelitian dilihat dari segi metodenya terdiri dari penelitian historis, penelitian filosofis, penelitian observasional, dan penelitian ekspremental. Menurut sifat permasalahannya penelitian dibagi menjadi 8 jenis, yaitu penelitian historis, penelitian deskriptif, penelitian perkembangan, penelitian kasus dan penelitian lapangan, penelitian korelasional, penelitian kausal-komparatif, penelitian ekspremental dan penelitian tindakan. Penelitian menurut tingkat eksplanasi dibagi menjadi 3 yaitu penelitian deskriptif, penelitian komparatif dan penelitian asosiatif/hubungan, penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Warahmah, M., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81. https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.32

Issue

Section

Articles