Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nurul Azian UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Amirul Mukminin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zukhairina UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.41

Abstract

Perkembangan kognitif anak di PAUD Nurul Falah Teluk Pinang masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh metode discovery learning dan pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Falah Teluk Pinang. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif eksperimen yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 42 anak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis data dengan uji t. Hasil penelitian ini berupa: adanya pengaruh antara metode discovery learning terhadap perkembangan kognitif. Adanya pengaruh antara pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif. Hasil analisis Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sesuaikan dengan kriteria jika nilai signifikan lebih kecil < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “terdapat pengaruh antara metode discovery learning dan pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Falah Teluk Pinang

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Azian, N., Mukminin, A., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun . DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26. https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.41

Issue

Section

Articles