PENETAPAN HARGA TIKET TRANSPORTASI DARAT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Paisal Akbar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Musnawati
  • Basir

Kata Kunci:

Penetapan Harga, Tiket, Ekonomi Syariah

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kegiatan dengan adanya sistem penetapan harga yang dilakukan pada perusahaan transportasi darat rute Bagan Batu ke Medan yang dilakukan oleh PT. Candra yang dimana perusahaan transportasi memiliki berbagai kelas yaitu: ekonomi, ekonomi toilet, AC toilet, Royal, dan lain sebagai nya. Akan tetapi kelas bus yang biasa yang banyak di minati para pengguna yaitu Ekonomi di karenakan harga tiket nya relatif murah. Tujuan yang ditetapkan harus konsisten dengan cara yang ditempuh perusahaan dalam menetapkan posisi relatifnya dalam persaingan. Dalam tujuan berorientasi pada citra, perusahaan berusaha menghindari persaingan dengan jalan melakukan diferensiasi produk atau dengan jalan melayani segmen pasar khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan harga jual beli tiket pada transportasi rute Bagan Batu-Medan perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan studi langsung ke lapangan (field research), adapun  informan dalam penelitian ini barjumlah 6 orang diantaranya, 1 orang Pimpinan PT. Candra, 1 orang driver dan 4 orang penumpang pada PT. Candra. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.  Dari hasil penelitian tentang Penetapan Harga Jual Beli Tiket Pada Transportasi PT. Chandra Rute Bagan Batu-Medan secara umum sudah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan konsumen dan tidak memberatkan konsumen, adapun beberapa faktor yang mempengaruhi penetapan harga disebabkan oleh kenaikan BBM. dengan kenaikan harga BBM yang dialami oleh PT. Chandra tidak menyebabkan PT. Chandra kehilangan konsumen dengan memberikan produk untuk mendapatkan konsumen PT. Chandra memberikan tarif lebih murah apabila memiliki banyak penumpang hal ini merupakan suatu produk pendukung yang di miliki oleh PT. Chandra. Tinjauan Ekonomi Syariah Mengenai Penetapan Harga Jual Beli Tiket Pada Transportasi PT. Chandra Rute Bagan Batu-Medan sudah sesui dengan ekonomi syariah seduai dengan ayat alquran QS. An-Nahl/90 yang artinya hendaknya kamu berlaku adil. PT. Chandra tidak memberikan setengah harga bagi penumpang dengan kata lain agen bus tidak memberikan potongan harga dan harga tiket menyesuaikan dengan agen bus yang lainya.

Referensi

Abbas Salim, Manajemen Trasnportasi,(Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada,1993).

Abdul Sami’ Al Misri, PIlar-Pilar Ekonomi Islam,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006).

Etta Mamang Sangaji dan Sopiah, Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Dalam Kajian, (Yogyakarta: Andi, 2010), ed 1.

Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian, (Malang: UMM Press, 2004)

Kamaruddin Ahmad, Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan ,(Jakarta: PT Raja Grafindo persada,2015),hlm.43.

Kemenag RI,Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan,(Jakarta: Lanjah Pentshinan Mushaf Al-Qur’an, 2019).

Khabib Basori ,Muamalat, (Yogyakarta:Pustaka Islam Mandiri,2007).

Khumedi Ja‟far, Hukum Perdata Islam di Indonesia, (Bandar Lampung: Pusat Penelitian dan Penerbitan IAIN Raden Intan Lampung. 2015). Cet.ke-25.

Nana Sudjana, Ibrahim, Penelitian dan Penelitian Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru Bekerja sama dengan lembaga pendidikan IKIP Bandung, 2007).

PenelitianIlmiah.com, “Pengertian Informan Penelitian dan Contohnya”, Artikel dari http://penelitianilmiah.com/informan-penelitian / . Artikel diakses pada 27 Februari 2021

Rahayu Hartini, Hukum Pengangkutan (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang,2007).

Ridwan, Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013).

Secapramana, L. V. H. (2011). Model dalam strategi penetapan harga. Unitas, 9.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta, 2011).

Sukiyat, Suyanto dan Prihatin Effendi, Pedoman Penulisan Tugas Akhir, (Surabaya: Jakad Media Publishing, 2019).

Unduhan

Diterbitkan

24-07-2023

Cara Mengutip

Akbar, P., Musnawati, & Basir. (2023). PENETAPAN HARGA TIKET TRANSPORTASI DARAT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH . Journal of Sharia and Law, 2(3), 818–834. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/397