PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 2 SELUR, NGRAYUN, PONOROGO

  • Asmidati Rofiatul Nikmah Nikmah IAIN PONOROGO
  • Yuenti Sova Puspidalia

Abstract

Jurnal atau artikel ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas terkait penerapan model CIRC Berbantuan Media Flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas 1 SDN 2 Selur, Ngrayun, Ponorogo. Penelitian ini menggunakan 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1-3 terkait kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas 1 SDN 2 Selur Ngrayun Ponorogo melalui penerapan model CIRC Berbantuan Media Flashcard.

Published
2023-02-28
How to Cite
Nikmah, A. R. N., & Yuenti Sova Puspidalia. (2023). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 2 SELUR, NGRAYUN, PONOROGO. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 305- 317. https://doi.org/10.21154/thifl.v3i1.1898