INOVASI PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI ERA PANDEMI

Authors

  • Abdul Wachid Bambang Suharto UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jnr.v1i3.8206

Keywords:

inovasi pembelajaran, apresiasi puisi, pandemi

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan di berbagai lini kehidupan, utamanya pada dunia pendidikan. Pendidikan jarak jauh atau school from home menjadi kebijakan strategis, selain agar hak-hak pendidikan peserta didik terpenuhi sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19. Fakta itulah yang kemudian melatarbelakangi penelitian mengenai inovasi pembelajaran apresasi puisi di era pandemi ini. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi strategi atau pendekatan Sekolah Kepenulisan Sastra Peradaban (SKSP) Purwokerto dalam melaksanakan program inovasi pembelajaran apresiasi puisi di era pandemi. Research and Develompent (R&D) menjadi metode yang digunakan dalam riset ini.. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mengetahui media yang digunakan SKSP Purwokerto dalam proses pembelajaran dengan analisis dekriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa: pertama, SKSP Purwokerto menggunakan media youtube untuk menampilkan video pembacaan puisi, kedua, pemanfaatan laman facebook SKSP Purwokerto dalam proses review puisi karya anggota, ketiga, inovasi pembelajaran apresiasi puisi di era pandemi ini mampu memunculkan sikap konstruktivis dan progresif serta otonom dalam diri individu.

References

Anggraeni, H. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah; Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 18–35.

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. DOI: https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Aryanto, S., & Widiansyah, A. (2019). Kreativitas dalam Pembuatan Sastra Anak Berbasis Ecopreneurship. Ecopreneurship”. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 83–90. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21677

Borg, W. R. & M. D. G. (1983). Educational Research, an Introduction. New Yok: Longman.

Brooks, J. G. & M. G. B. (1993). In search of understanding: The case for Constructivist Classrooms. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Cheng, Y, & Liu, W. (2014). A. Multimodal Discource Analysis of the Relationship between Pi and Richard the Tiger in the Movie Life of Pi. International Journal of Language and Literatur, 2(4), 191–219. DOI: https://doi.org/10.15640/ijll.v2n4a11

Coccetta, F. (2018). Developing University Students’ Multimodal Communicative Competence: Field Research Into Multimodal Text Studies in English, 1–9. DOI: https://doi.org/10.1016/j.system.2018.01.004

Damayanti, T. (2007). E-Learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2).

Damono, S. D. (2018). Alih Wahana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan, T. (1999). Apresiasi Puisi, Konsep Dasar, Pendekatan dan Prosesnya. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Djojosuroto. (2006). Pengajaran Puisi, Analisis, dan Pemahaman. Bandung: Nuansa.

Duit, R. (1996). Preconception and Misconception. In F. Corte, E. D., & Weinert (Ed.), International Encyclopedia of Developmental and Instructional Psychology. New York: Pergamon.

Firmansyah, M. B, Siswanto, Roekhan, & P. (2020). Multimodal Smartphone: Millenial Student’s Learning Style. Testmagzine, 9535–9545.

Firmansyah, M. B. (2018). Konseptualisasi Pembelajaran Sastra Digital. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(1), 21–27. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/f3z62

Flavin, M. (2017). Disruptive Technology Enhanced Learning: The Use and Misuse of Digital Technologies in Higher Education. https://doi.org/https://doi.org/10.1057/978-1- 137-57284-4

Gardner, H. (1991). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21th Century. New York: Basic Books.

Glazier, L. P. (n.d.). Digital Poetics.

Gunawan, S. N. M., & F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Teacher Education, 1(2), 61–70.

Hasan, F. (2002, December). Catatan Perihal Sastra dan Pendidikan. Warta HISKI.

Herlandy, P. . (2019). Penerapan E-learning pada Pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan dengan Metode Blended Learning. Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(1), 24–33.

Hoover, D. L., Culpeper, J., & O’Halloran, K. (2014). Digital Literary Studies. Corpus Approaches to Poetry, Prose, and Drama. International Journal of Corpus Linguistics, 21(1), 129–137. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1075/ijcl.20.1.07mon DOI: https://doi.org/10.4324/9780203698914

Jihad, Asep & Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jordana, T. A & Suswarto, D. H. (2017). Pemetaan Gerakan Literasi Digital di Lingkup Universitas Negri Yogyakarta. Informasi, 47(2), 167–180. DOI: https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.15735

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Llamas, M. (2015). Digitising the World: Globalisation and Digital Literature. Neohelicon, 42(1), 227–251. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11059-014-0261-x DOI: https://doi.org/10.1007/s11059-014-0261-x

Megawanti, Priarti, dkk. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi Covid 19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 75–82.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). An Expanded Sourcebook. Qualitative Data Analysis. Thousand Oak: Sage Pblications.

Mulyono, D & Anshori, A. (2020). Literasi Informasi dalam Kerangka Pengembangan Pendidikan Masyarakat. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 1–6. DOI: https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3516

Mustafa, S. . (2013). Media Sosial di Malaysia dan Indonesia: Penggunaannya sebagai Alat Komunikasi, Kolaborasi, dan Jaringan Digital. Jurnal Pengajian Media Malaysia, 15(2), 71–85.

Noor, A. Z. (2018). Apresiasi Puisi Dalam Gerakan Literasi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Indonesia, 13(2). DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1540

Nurgiantoro, Burhan & Efendi, A. (2013). Prioritas Penentuan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sastra Remaja. Cakrawala Pendidikan, XXXII(3). DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1626

Nursalam, & Efendi, F. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medik.

Pattah, S. . (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran Khizah al-Khikmah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 2(2), 108–119.

Ryu, J, & Boggs, G. (2016). Teacher’s Perceptions about Teaching Multimodal Composition: The Case Study of Koren English Teachers at Secondary Schools. English Language Teaching, 9(6), 52. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v9n6p52

Saryono, D. (2018). Pendidikan dan Pembelajaran di Era Disrupsi: di Manakah Tempat Pembelajaran Sastra Indonesia? In Prosiding Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya Pada Era Disrupsi. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1996). Problem Based Learning: An Instructional Model and Its Constructivst Framework. In B. G. Wilson (Ed.), Constructivist Learning Environment: Case Studies in Instructional Design. New Jersey: Educational Technology Publications Englewood Clifs.

Sayuti, S. A. (2015). Puisi: Sebuah Pengantar Apresiasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Siemens, R. (n.d.). Wiley: A Companion to Digital Literary Studies. Retrieved from http://eu.wiley.com/ W i l e y C D A / W i l e y T i t l e / p r o d u c t C d - 1405148640

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, J. G. (2005). Perkembangan Perpustakaan di Indonesia. Bogor: IPB Press.

Suyitno, I. (2017). Cognitive Strategies Use ini Reading Comprehension and its Contributions to Students Achievemenet. IAFOR Journal of Education Journal of Education, 5(50), 107–121.

Suyono. (2020). Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19 di Perguruan Tinggi Wilayah VII. Ed-Humanistics, 05(01), 662–666. DOI: https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.708

Trianto. (2007). Model Pembelajatran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zhafira, Nabila Hilmy, Yenny Ertika, dan C. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45. DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Suharto, A. W. B. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI ERA PANDEMI. Jurnal Nusantara Raya, 1(3), 153–166. https://doi.org/10.24090/jnr.v1i3.8206

Issue

Section

Articles