Membangun Global Halal Hub Indonesia: Strategi dan Peluang untuk Mencapai Kompetitif di Pasar Global

Authors

  • Fais Istiqlal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.12962/j22759970.v3i2.614

Keywords:

Global Halal Hub, Indonesia, Pasar Global

Abstract

Abstrak

  Pembangunan Global Halal Hub Indonesia (GHHI) telah menjadi bidang utama untuk pemerintah dalam upaya untuk mendukung ekonomi halal dan meningkatkan pasar global halal. Halal Hub Indonesia adalah solusi untuk membangun jaringan dan mengembangkan layanan yang terintegrasi, yang didukung oleh teknologi, demi membantu meningkatkan standar produk dan perdagangan halal. Artikel ini akan membahas tentang strategi dan peluang GHHI untuk mencapai kompetitif di pasar global. Dari sisi strategis, GHHI akan memanfaatkan sejumlah inisiatif dan layanan untuk mendukung ekonomi halal global. Secara komersial, GHHI sebagai global halal hub akan memampukan pengembangan produk dan layanan terintegrasi untuk mendukung pasar halal global. Artikel ini juga akan membahas potensi, batasan dan tantangan yang dihadapi oleh GHHI dalam mendorong pertumbuhan dan kompetitifnya pasar halal global. Artikel ini berharap agar membantu dalam pemahaman tentang pentingnya GHHI sebagai infrastruktur kunci untuk mendukung komunitas halal global, tertentu dengan mempromosikan model pengembangan setara dengan pasar halal, produksi berbasis sastra e-halal dan pengelolaan aset halal.

References

https://kemenperin.go.id/artikel/23586/Industri-Halal-Berperan-Penting-dalam-Pemulihan-Ekonomi,-Kemenperin-Luncurkan-IHYA-2022

Mekar, A. (2019). Mengenal Strategi Halal Hub Indonesia dan Manfaatnya bagi Negeri. Retrieved April 19, 2021, dari https://republika.co.id/berita/qtwmv46312/mengenal-strategi-halal-hub-indonesia-dan-manfaatnya-bagi-negeridiakses pada 30 November 2022

Ahmadi, A. (2020). Indonesia Allocates US$170 Million to Develop Halal Food and Beverage Industry. dari https://globalhalalfocus.net/2020/12/02/indonesia-allocates-us170-million-to-develop-halal-food-and-beverage-industry/ diakses pada 25 November 2022

Peking, H. and Kompas. (2017). Akselerasi Pariwisata Global Halal. Kompas.

Reuters. (2021). Foreign Exchange Rate in January 2021. Retrieved April 19, 2021, dari https://www.reuters.com/article/exchange-rates/indonesian-foreign-exchange-rate-january-2021-idCAKEL000018 diakses pada 25 November 2022

Saha, R. (2021). The Rise of Halal Industry in Indonesia and Opportunities Ahead. Retrieved April 19, 2021, dari https://www.asialifemagazine.com/indonesia/the-rise-of-halal-industry-in-indonesia-opportunities-aheaddiakses pada 20 November 2022

Richards, A. (2019), “The Rise of the Halal Global Economy in Influence and Opportunity”, Forbes, 30 April

Ibrahim, S.A. (2018), “The concept of halal and its implications”, Islamic Economics and Finance, vol. 4 no. 1, hal.1-12.

Hadiansyah, S. dan Suaedy, A. (2018), “Indonesia’s Powerhouse and the Journey Ahead to Build a Global Halal Hub”, Pertanika Journal of Social Science & Humanities, vol. 26 no.3, hal. 1503-1513.

Choirunnisa, M. (2017). Halal Hub Indonesia. Islamic Marketing: Referensi untuk teori dan praktek, berbasis ajaran Islam.

Kallianpur, R. (2016). Pertumbuhan Inovatif di Bidang Halal. Jurnal Islami.

Robesch, F., Aditya, K., & Cisnuranny, A. (2018). Mengenali Ekosistem Halal di Indonesia. Ketersediaan Energi, Teknologi Internet Tanpa Komando dan Aplikasi Halal. Majalah Bisnis, 3.

Mohamed, H., Saleh, M., & Hussein, A. (2014). The Evolution of Halal Food Regulatory System: Malaysia Case. International Journal of Business, Economics and Law.

Lim, C., Lim, W., Rahmi, S., & Musa, R. (2016). Penilaian dari Perspektif Islam ni Standar Halal: Tinjauan Pasaran Halal di Thailand. Jurnal Islami.

Curtis, R., & Murad, S. (2012). Global Halal Hub Indonesia: Strategi dan Peluang untuk Mencapai Kompetitif di Pasar Global. Seriesof Conferences on Islamic Economy.

Aulia, S. S., & Hidayat, Y. (2019). Halal Labeling in Indonesia: Opportunities and Challenges. Journal of Halal Industry and Services, 2(1), 1-10.

Rokhman, F., & Taruno, W. (2020). Indonesian halal industry: challenges and strategies in creating a globally competitive hub. International Journal of Law and Management, 62(3), 1082-1096.

Khadafi, M., Handoko, L., & Taruno, W. (2019). The Role of Government Policy in Enhancing the Competitiveness of the Halal Product Industry in Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(2), 256-265.

Abdula, Rica Dedeh, “Pencapaian Halal Hub Pada Industri Makanan di Indonesia: Tantangan dan Strategi untuk Majunya Strategi Pasar Global” (tajuk thesis, Universitas Kristen Satya Wacana, 2018).

Mappong, Ibrahim Muhammad, “Peningkatan Daya Saing Perdagangan Halal Indonesia Melalui Strategi Formalisasi Halal Hub” (MA Thesis, Universitas Muhammadyah Yogyakarta, 2018).

Paramita, V., & Utami, A. N. (2019). Halal food products in Indonesia: Challenges, opportunities, and strategies. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(3), 221-242.

Septiani, A., Wardhani, R. S., & Rokhman, F. (2020). Halal value chain in Indonesia: A policy perspective. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 746-762.

Ardianto, A. N., Hidayat, Y., & Taruno, W. (2019). Analysis of Indonesian Halal Supply Chain for Global Market Penetration. In International Conference on Business, Accounting, Management, and Economics (ICBAME) (Vol. 1, No. 1, pp. 236-239).

Pradita, R. P., Mukhlish, D., & Rokhman, F. (2018). The Development Strategy of Indonesian Halal Products Industry in the Global Market. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(2), 177-188.

Putra, Aditya Danindra W., “Pohon Strategi untuk Membangun Global Halal Hub di Indonesia” (MA Thesis, Institut Teknologi Bandung, 2018).

Mahmood, F., Siddiqui, G., Rehman, A., & Mohd Yusof, S. (2016). Blockchain for Halal Economy: A case study in Halal Ecosystem. AIMS Conference 2016: SMEs in a Rapidly Changing Business Environment (pp. 25-33). Singapore: American Institute of Mathematical Sciences.

Hossain, M. L., Momen, N., & Park, J. (2019). A Study of Strategic Marketing and Branding Towards Establishing a Global Halal Hub. Indian Journal of Science and Technology. 10(19). http://dx.doi.org/10.17485/ijst/2019/v10i19/152145

Ivatury, G., & Guble, P. (2019). Crafting Global Halal Hub and Halal Ecosystem to Enhance the Internationalization of SMEs: A Conceptual Framework. Journal of International Business Research, 18(1), 23-32. http://dx.doi.org/10.5430/jibr.v18n1p23

Nasr, S. A., & Asher, M. G. (2015). Hijra Revolution. Kuliah tentang Perhubungan Halal Global. Islamic Call and Research Centre, Medan.

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

[1]
F. Istiqlal, “Membangun Global Halal Hub Indonesia: Strategi dan Peluang untuk Mencapai Kompetitif di Pasar Global ”, hr, vol. 3, no. 2, pp. 72–85, Jul. 2023.