Main Article Content

Abstract

The type of skincare cosmetic product is one of the beauty products needed to support beauty and facial skin health. The need in fulfilling facial skin care is included in changes in economic behavior patterns in the millennial generation. The industry about halal cosmetics is currently experiencing a very rapid development of this because the community is currently aware of the importance of using halal products. This study aims to analyze any factor that can form a millenial generation awareness in choosing halal labeled cosmetics. The research used is descriptive qualitative research. Research with the method or case study approach. Under the Republic of Indonesia Law No. 33 of 2014, the magnificence quality of cosmetic products is determined by raw materials and production processes. Factors that are indicators of millennial generation awareness in choosing halal products are: a) Halal raw materials, b) religious obligations, c) production process, d) product hygiene, e) knowledge of international halal products.


 

Keywords

Cosmetics halal products millenial generation

Article Details

How to Cite
mufrodah, alia, & Adinugraha, H. H. (2021). Millenial Generation’s Awareness of Halal-Labeled Cosmetics. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 92-100. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2161

References

  1. Alfian, I. (2017). Analisi pengaruh label halal, brand dan harga terhadap keputusan pembelian di kota Medan. Jurnal At-Tawassuh, 2(1).
  2. Amanu, A. A. (2018). Analisis perilaku pembelian kosmetik halal berdasarkan theory of planned behaviour (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Yogyakarta).
  3. Briliani, R. A., Safitri, D., & Sudarno. (2016). Analisis kecenderungan pemilihan kosmetik wanita di kalangan mahasiswa jurusan statistika Universitas Diponegoro menggunakan biplot komponen utama. Jurnal Gaussian, 5(3), 547–548.
  4. Damayanti, D. (2018). Strategi perencanaan media produk kosmetik wardah sebagai produk kosmetik halal (Studi kasus pada kosmetik wardah exclusive matte lipcream versi dewi sandra).
  5. Damayanti, T. C. (2020). Faktor kesadaran halal pada produk kosmetik di kalangan muslimah milenial indonesia.
  6. Devinda Intan Wulandari. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli dan keputusan pembelian produk bagi konsumen terhadap kosmetik halal di Jawa Tengah dan Yogyakarta. 01(01), 1–15.
  7. Falaah, A. (2020). Pengaruh promosi, kualitas produk, label halal dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen wardah exclusive matte lipcream.
  8. Firliana, I. A. (2018). Kajian literature penerapan strategi citra merek dan Islamic branding. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(1), 20–30.
  9. Hana, K. F. (2019). Minat beli online generasi milenial: Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(2), 203. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i2.6094
  10. Imah, B. (2020). Pengaruh kesadaran halal dan label halal terhada keputusan pembelian produk kosmetik (Pada konsumen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
  11. Izzuddin, A. (2018). Pengaruh label halal, kesadaran halal, dan bahan makanan terhadap minat beli makanan kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2).
  12. Komalasari, R., & Indra, I. (2021). Preferensi mahasiswa terhadap produk kosmetik dan personal care berlabel halal. Journal of Indonesian Islamic …, (78).
  13. Kusuma, A. M., Hikmah, M. A., & Marom, A. (2020). Pengaruh Islamic branding, kualitas produk, dan lifestyle terhadap minat pembelian produk skincare pada generasi millenial di Kabupaten Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 289. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.9165
  14. Madevi, F. (2019). Pengaruh persepsi label halal terhadap citra merk dan minat beli (survei online pada pengikut akun instagram @safiindonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 77(1).
  15. Marbun, T. F. S. (2017). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah di Cikarang Utara.
  16. Mardalis, A., & Utami, S. (2018). Kepedulian mahasiswa terhadap kehalalan ( islamic branding ) produk kosmetik serta dampaknya terhadap minat beli. The 8th University Research Colloquium 2018, 68–74.
  17. Pambudi.Tahun, B. G. (2018). Pengaruh kesadaran halal dan sertifikasi halal terhadap minat beli produk mie instan (Studi pada pemuda muslim Bandar lampung).
  18. Pratiwi, A., Hayet, Pekalongan, D. I., Arifiyanto, M., Sonia Cipta Wahyurini, Trianasari, N., … Larasati, D. (2019). Persepsi mahasiswa terhadap produk kosmetik yang tidak terdaftar pada BPOM ditinjau dari perilaku konsumen. Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(1), 68–77.
  19. Putri, E. D. R. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli (Studi pada konsumen wardah cosmetics di Indonesia). Journal of Materials Processing Technology.
  20. Rismananda, D., Zuhirsyan, M., Akuntansi, A. J., Medan, P. N., Akuntansi, D. J., & Medan, P. N. (2021). Terhadap kosmetik berlabel halal. 1–12.
  21. Sadzaliva, S. (2015). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
  22. Sahir, S. H. (2016). Pengaruh gaya hidup, label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa Progam Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Majanemen, 3(1).
  23. Sholikhah, B., Fitri, R., & Mahanani, Y. (2021). Analisis pengambilan keputusan pembelian kosmetik berlabel Halal MUI pada Generasi Millenial. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(2), 193. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i2.3754
  24. Widyastuti, R. (2020). Pengaruh komunikasi taman sebaya (peer group) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah pada usia 20-35 di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 7(2).
  25. Wiejayanti, S. dkk. (2018). Pengaruh penerimaan pasar dan strategi bauran pemasaran terhadap minat beli produk makeup anak pada millennial mom (Penelitian di Wilayah DKI Jakarta). Jurnal Ilmiah Kedokteran, 5(3).
  26. Yulita Amalia, R., & Fauziah, S. (2019). Perilaku konsumen milenial muslim pada resto bersertifikat halal di Indonesia: Implementasi teori perilaku terencana ajzen. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 3(2). https://doi.org/10.33476/jeba.v3i2.960
  27. Zahrawati, F. (2020). Pembebasan jerat feminisasi kemiskinan. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 2(1), 170–177.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'