INOVASI PROGRAM KLAMPID NEW GENERATION SEBAGAI PERWUJUDAN PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK DI KELURAHAN BARATAJAYA KOTA SURABAYA)

  • Yusta Arisendy Sea Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rachmawati Novaria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Eddy Wahyudi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Inovasi, pelayanan publik, kebijakan

Abstract

Inovasi pelayanan publik menjadi suatu keharusan bagi pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan sesuai perkembangan teknologi informasi. Salah satu instansi pemerintah penyedia pelayanan publik yaitu Kelurahan Baratajaya kota Surabaya yang menjalankan inovasi Klampid new generation dalam menunjang peningkatan pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan  penelitian ini     untuk   mengukur   keberhasilan   inovasi Klampid  new  generation  pada  program  kartu. identitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang  digunakan  peneliti  adalah   Harvard school of government dengan indikator support/dukungan, capacity/kemampuan dan value/nilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan inovasi klampid new generation sudah berjalan dengan baik dalam pelayanan administrasi kependudukan di kelurahan Baratajaya, namun pada program Kartu Identitas  Anak  masih  di  temukan kendala yaitu kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah baik dari Dispenduk, maupun dari pihak Kelurahan kepada masyarakat sehingga pengajuan menggunakan klampid new generation juga masih minim. Oleh karena itu inovasi klampid new generation pada program kartu identitas anak belum mencapai pelayanan prima.

 

Published
2023-06-11
How to Cite
Sea, Y. A., Novaria, R., & Wahyudi, E. (2023). INOVASI PROGRAM KLAMPID NEW GENERATION SEBAGAI PERWUJUDAN PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK DI KELURAHAN BARATAJAYA KOTA SURABAYA). Madika: Jurnal Politik Dan Governance, 3(1), 32-40. https://doi.org/10.24239/madika.v3i1.1845