Pentingnya Ilmu Pendidikan Ekonomi Syari’ah Pada Distribusi Bantuan Sosial di Masyarakat Bangka Tengah

Authors

  • Efendi Sugianto Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54801/ekspektasy.v2i1.193

Keywords:

Distribusi, Pendidikan, Bantuan Sosial, Bangka Tengah, Ilmu Ekonomi

Abstract

Pendidikan ekonomi merupakan suatu penerapan ilmu ekonomi untuk menganalisis berbagai hal, terutama di bidang pendidikan sebagai barang ekonomi dan hubungannya dengan peningkatan sumber daya manusia sebagai modal dasar utama dalam pembangunan ekonomi di suatu negara. Masalah ekonomi yaitu masalah yang timbul saat keinginan dan kebutuhan bertemu dengan sumber daya yang terbatas dan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan belum bisa dipenuhi terutama masalah bantuan sosial yang ada di masyarakat pedesaan.   Masalah yang  ada di Bangka Tengah kerap terjadi dikarenakan adanya kesenjangan kesejahteraan sosial, kemudian kemiskinan yang terjadi di Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung erat kaitannya  dengan Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat yang belum optimal.

Distribusi bantuan sosial yang ada di Bangka Tengah memberikan pelayanan mulai dari pelayanan sosial, pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan. Dengan ini perlunya sistem pelayanan yang akan diterapkan di wilayah Bangka Tengah menggunakan suatu Program yang dikenal dengan Program Silakso. Program Silakso merupakan sistem pelayanan terpadu yang dilengkapi dengan database masyarakat Bangka Tengah, semua data yang ada di dalam data Silakso bisa diakses oleh seluruh masyarakat desa, dengan program      ini masyarakat juga bisa langsung melaporkan pengajuan bantuan dan cepat dilayani. Pemerintah Bangka Tengah telah membuat Aplikasi Silakso yaitu Sistem Layanan Kesejahteraan Sosial.

Pada riset kali ini, penulis mencoba menganalisis Pentingnya Ilmu Pendidikan Ekonomi Syari’ah Mengenai Distribusi Bantuan Sosial Di Masyarakat Pedesaan. Ilmu ekonomi sendiri merupakan variable leluasa (x) yang terdiri dari pendidikan, sumber daya manusia serta pembangunan dan sebaliknya variabel terikat (dependent variable). Sendiri merupakan distribusi bantuan sosial (y). yang terdiri dari  pelayanan sosial, pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Sugianto, E. (2023). Pentingnya Ilmu Pendidikan Ekonomi Syari’ah Pada Distribusi Bantuan Sosial di Masyarakat Bangka Tengah . JOURNAL EKONOMI, KEUANGAN, PERBANKAN DAN AKUNTANSI SYARIAH, 2(1), 47–60. https://doi.org/10.54801/ekspektasy.v2i1.193