Kontribusi Keluarga dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Islam Untuk Membentuk Karakter Islami Remaja

Sutarto Sutarto

Abstract


This study aims to reveal the family's contribution, support, and hope in instilling the values of Islamic education in order to form an Islamic character. This study uses descriptive qualitative methods, with research informants being parents of teenagers with relatively good Islamic characteristics. Data collection techniques using interviews. Checking the validity of the data was carried out by triangulating sources and analyzing through three stages: data reduction, data presentation, and concluding. The study results show that the family's contribution to instilling the values of Islamic education to shape the Islamic character of adolescents is carried out by guiding, directing, and being an example in practicing the values of deep Islamic education. Several supporting factors include the existence of TPQ and places of worship in the community. The challenge is that teenagers still need to be independent in implementing the values of Islamic education, and there is the influence of social media which has an impact on the attitudes and behavior of teenagers.

Keywords


Family; Islamic educational values; Islamic character; Teenager

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ahmad. “Perkembangan Sosio-Emosional pada masa remaja.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 8, no. 2 (2019): 417–29.

Abdussamad, Zuchri. “Buku Metode Penelitian Kualitatif,” 2022.

Akbar, Amin, dan Nia Noviani. “Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2019.

Albania, Putri Rosyidatul, Khairul Saleh, dan Abdul Razak. “Pengaruh Suasana Keagamaan dan Kegiatan Rohis Nurul Aulad Terhadap Perilaku Siswa SMA Negeri 2 Samarinda.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 7, no. 1 (2020): 18–24.

Andriyani, Juli. “Peran lingkungan keluarga dalam mengatasi kenakalan remaja.” At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam 3, no. 1 (2020): 86–98.

Anggariawan, Yuda Putra, Syamsuri Syamsuri, and Rony Prabowo. “‘Analisis Technology Content Assesment Pada Lembaga Pendidikan Menggunakan Metode Teknometrik Studi Kasus Sekolah X.’” Prosiding SENIATI, 2019, 243.

Anggeraini, Desi. “Pembentukan karakter remaja melalui pendidikan islam dalam keluarga di desa dusun baru ii bengkulu tengah.” Diss. Uin fatmawati sukarno, 2022, 35.

Astomo, Hadi Agung Tri. “Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap perilaku menyimpang remaja: Studi kasus remaja kompleks Bumi Cibiru Raya Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung.” PhD Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021.

Batubara, Maimunah. “Penyimpangan perilaku remaja di Kelurahan Hutaraja Lingkungan III Kec. Muara Batangtoru.” Diss. IAIN Padangsidimpuan, 2015, 2.

Cahyono, Bagus Dwi, Dwining Handayani, dan Ida Zuhroidah. “Hubungan Antara Pemenuhan Tugas Perkembangan Emosional Dengan Tingkat Stres Pada Remaja.” Jurnal Citra Keperawatan 7, no. 2 (2019): 64–71.

Creswell, John W. “Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatiif, Kuantitatif, dan Mixed. 1-308. file.” C:/Users/Hp/Documents/buku creswell. pdf, 2013.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, dan Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Dkk, Umur Sidiq. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54.

Fatimah, Siti, dan Febilla Antika Nuraninda. “Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi 4.0.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 3705–11.

Fimansyah, Wira. “Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era globalisasi.” Primary Education Journal Silampari 1, no. 1 (2019): 1–6.

Gani, Alcianno G. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja.” Jurnal Mitra Manajemen 7, no. 2 (2020).

Hanafi, Imam. “Penyimpangan perilaku remaja di Desa Mondang Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan.” Diss. IAIN Padangsidimpuan, 2017, 3–4.

Hasanah, Uswatun, Abeliza Galuh Tegar Ayu Ardana, Anis Alexsa, dan Avica Feby Rahmawati. “Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak.” STIMULUS: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2022): 26–43.

Hyoscyamina, Darosy Endah. “‘Peran keluarga dalam membangun karakter anak.’” Jurnal Psikologi 10, no. 2 (2011): 148–49.

Indrawari, Karliana, Medi Apriadi, Nurjannah Nurjannah, dan Diah Diah. “Penerapan Nilai Pendidikan Islam Dalam Keluarga Melalui Prophetic Parenting Dalam Pembentukan Akhlak Anak Usia Emas Di Desa Bukit Barisan.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (30 November 2021): 181–94. https://doi.org/10.29240/belajea.v6i2.3417.

Iriastuti, Mae Endang. “Meningkatkan Kepedulian Orang Tua Terhadap Masalah Siswa, Melalui Kegiatan Kunjungan Rumah Oleh Guru BK.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan 1, no. 1 (2021): 17–25.

Junaedi, Dedi. “Pergeseran perilaku peserta didik di era globalisasi.” Tarbiyatu wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2021): 53–63.

Karlina, Lilis. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja.” Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 1 (2020): 147–58.

Khotimah FM, Nailul Husnul. “Upaya orang tua dalam menanggulangi perilaku menyimpang remaja di Dusun Parseh Desa Serabi Barat Modung Bangkalan.” Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016, 2.

Lestari, Retno Dwi, Wafiyul Ahdi, dan Hidayatur Rohmah. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Al-Banjari di Ma Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang-Jombang.” JoEMS (Journal of Education and Management Studies) 4, no. 1 (2021): 31–36.

Listari, Lasmida. “Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah).” Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 12, no. 1 (2021): 7–12.

Lumanto, Stifan Boy. “Perkembangan Teknologi Media Sosial Terhadap Karakter Anak Dan Peran Orang Tua Di Dalamnya,” 2022.

Maksum, Agus, dan Muhammad Sandisi. “Hubungan Pengamalan Ibadah Dengan Perilaku Sosial Remaja di Desa Wirakanan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu.” Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 4, no. 8 (2019): 22–38.

Manullang, Sardjana Orba. “Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan Di Era Teknologi.” Cross-border 4, no. 1 (2021): 83–88.

Marwoko, Gatot. “Psikologi Perkembangan Masa Remaja.” Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah 26, no. 1 (2019): 60–75.

Mayangsari, Annisa Galuh. “Hubungan Konsep Diri Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Kenakalan Remaja Di Smp Negeri 2 Pekanbaru.” PhD Thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2022.

Mumtaha, Hani Atun, dan Halwa Annisa Khoiri. “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce).” JURNAL PILAR TEKNOLOGI Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik 4, no. 2 (2019).

Nabilah, Jihan, dan Tesi Hermaleni. “Kontribusi keberfungsian keluarga terhadap kesejahteraan subjektif pada remaja etnis Minang.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 9, no. 2 (2021): 142–49.

Nasution, Irpansyah. “Hubungan Lingkungan Keluarga Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Panyabungan.” PhD Thesis, Universitas Medan Area, 2022.

Nasution, Romaito. “Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Di Desa Lumbandolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal.” Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2020, 6.

Nudin, Burhan. “Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 11, no. 1 (2020): 63–74.

Nugroho, Rivo, IKAJ Artha, Widya Nusantara, Arini Dwi Cahyani, dan Muhammad Yayang Putra Patrama. “Peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 5425–36.

Nurdiantami, Yuri, Shafa Adzkia Aulia, Adelia Putri Mahardhika, Allya Putri Antarja, Putri Andini Novianti, dan Alvina Diva Fitrianti. “Hubungan antara Interaksi Keluarga dengan Perilaku Berisiko Penyalahgunaan NAPZA pada Remaja.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 4 (2022): 630–36.

Rahmi, Alfi, dan Januar Januar. “Pengokohan Fungsi Keluarga Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Degradasi Moral Pada Remaja.” Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 5, no. 1 (2019): 62–68.

Rufaedah, Evi Aeni. “Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak.” Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020): 8–25.

Ruli, Efrianus. “Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak.” Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 1 (2020): 143–46.

Samheri, Hosen Febrian. “Makna Keluarga Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah Dalam Al Qur’an (Analisis Surah al-Rum Ayat 21).” Jurnal an-Nawazil 2, no. 1 (2020): 17–35.

Saputro, Khamim Zarkasih. “‘Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja.’” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 17, no. 1 (2018): 25.

Sholihah, Hani, dan Yuyun Nuriyah Muslih. “Membangun Resiliensi Era Tatanan Baru Melalui Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Keluarga.” Psisula: Prosiding Berkala Psikologi 2 (2020): 41–52.

Sodik, Sandu siyoto dan M.Ali. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Subianto, Jito. “‘Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas.’” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013): 337–39.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Surasman, Otong. “Membangun Pendidikan Keluarga di Atas Pundi-Pundi Rabbaniyyah.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 96–123.

Susilo, Budi. “Dampak positif perkembangan teknologi informasi terhadap tumbuh kembang anak.” SINDIMAS 1, no. 1 (2019): 139–43.

Ulfa, Mutia. “Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini.” Aulad: Journal on Early Childhood 3, no. 1 (2020): 20–28.

Utami, Adristinindya Citra Nur, dan Santoso Tri Raharjo. “Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja.” Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 4, no. 1 (2021): 1–15.

Wahyuni, Ida Windi, dan Ary Antony Putra. “Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 1 (2020): 30–37.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, dan Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Yunita, Nurma, dan Femalia Valentine. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Serta Hikmah Pengurusan Jenazah.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (30 Desember 2020): 289–308. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1418.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v8i1.6602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sutarto Sutarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsPKP Index



free web stats Belajea's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.