ANALISIS PERKEMBANGAN WISATA HALAL DI JAWA TIMUR SEBAGAI TEMPAT DESTINASI MUSLIM GLOBAL
Download Article (PDF)

Keywords

Pariwisata
Wisata Halal
Destinasi Wisata
Jawa Timur

How to Cite

Rahman, F. (2023). ANALISIS PERKEMBANGAN WISATA HALAL DI JAWA TIMUR SEBAGAI TEMPAT DESTINASI MUSLIM GLOBAL. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 3(1), 56-66. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i1.7256

Abstract

Abstrak: Sektor pariwisata adalah salah satu roda penggerak ekonomi utama suatu negara. Pariwisata halal adalah bagian dari industri pariwisata yang menyediakan layanan wisatawan yang berlandaskan pada pada aturan-aturan Islam dengan diperuntukkan bagi wisatawan muslim, tetapi tidak menutup kemungkinan pemanfaatannya oleh wisatawan non-muslim. Tulisan ini membahas mengenai pengembangan wisata halal di Jawa Timur dan faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dari perkembangan yang ingin dicapai dengan menggunakan metode kualitatif, khususnya dengan menggunakan studi pustaka. Pemerintah Indonesia tengah berusaha untuk mengembangkan potensi wisata halal yang ada di seluruh Indonesia. Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang kaya akan destinasi wisata halal yang berpotensi untuk berkembang dan menjadi tujuan utama wisatawan lokal maupun manca negara. Dengan mayoritas penduduknya yang juga beragama islam, maka jalan untuk sampai kesana seakan terlihat mulus. Namun pada kenyataannya, pengembangan wisata halal di Jawa Timur masih jauh dari ekspektasi dan dapat dibilang jauh dari potensi yang sebenarnya dimiliki.

Kata Kunci: Pariwisata; Wisata Halal; Destinasi Wisata; Jawa Timur

 

Abstract: The tourism sector is one of the main economic cogs of a country. Halal tourism is part of the tourism industry that provides tourist services based on Islamic rules for Muslim tourists but does not rule out the possibility of its use by non-Muslim tourists. This paper discusses the development of halal tourism in East Java and what factors are obstacles to the development being achieved using qualitative methods, especially by using literature studies. The Indonesian government is trying to develop the potential of halal tourism throughout Indonesia. East Java is one of the regions rich in halal tourist destinations that have the potential to develop and become the main destination for local and foreign tourists. With the majority of the population who are also Muslims, the road to get there seems to look smooth. But in fact, the development of halal tourism in East Java is still far from expectations and arguably far from its true potential. 

Keywords: Tourism; Halal Tourism; Tourist Destinations; East Java 

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i1.7256
Download Article (PDF)

References

Alinda, R., & Adinugraha, H. (2022). Pengaruh Logo Halal, Kesadaran Halal, dan Sikap Konsumen untuk Kembali Membeli Produk Makanan dan Minuman Kemasan. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI), 2(2), 153-168. https://doi.org/10.21274/sosebi.v2i2.6298

Battour, M., & Ismail, M. N. (2014). The Role of Destination Attributes in Islamic Tourism. SHS Web of Conferences, 12, 01077. doi:http://dx.doi.org/10.1051/shsconf/20141201077

Battour, M., & Ismail, M. N. (2016, Juli). Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives, 19(Part B), 150-154. doi:https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008

Battour, M., Ismail, M. N., & Battor, M. (2011). The Impact of Destination Attributes on Muslim Tourist's Choice. International Journal of Tourism Research, 13(6), 527–540.

Buchori, A. (2017). Ekonomi Syariah Seharusnya Sudah Hidup. Retrieved from Republika: http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/ syariah-ekonomi/17/11/17/ozg9yw-ekonomi-syariahseharusnya-sudah-hidu

Chandra, A. A., & Damarjati, D. (2017). Tiga Tahun Jokowi-JK, Pariwisata Sumbang Devisa Terbesar Kedua. Retrieved from Detik.Com.

Chanin, O., Sriprasert, P., Rahman, H. A., & Don, M. S. (2015). Guidelines on Halal Tourism Management in the Andaman Sea Coast of Thailand. Journal Of Economics, Business And Management, 3(8), 791-794.

Destiana, R., & Astuti, R. S. (2019). Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. Conference on Public Administration and Society, 1(01), 331-353.

Kusnandar, V. B. (2021, 9 18). Sebanyak 97% Penduduk Jawa Timur Beragama Islam pada Juni 2021. Retrieved from Katadata Media Network: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/18/sebanyak-97-penduduk-jawa-timur-beragama-islam-pada-juni-2021

Lubis, M. Z. (2018, Januari – Juni). Prospek Destinasi Wisata Halal Berbasis Ovop (One Village One Product). Maqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3(1).

Lune, H., & Berg, B. L. (2017). Qualitative Research Methods for the Social Science (9 ed.). Pearson.

Masyrafina, I., & Christiyaningsih. (2019). Masyarakat Masih Salah Paham Pengertian Wisata Halal. Retrieved from Republika: https://www.republika.co.id/berita/ gaya-hidup/travelling/pox1lw459/masyarakatmasih-salah-paham-pengertian-wisata-halal

Nisa, F. L. (2022). Pengembangan Wisata Halal di Jawa Timur dengan Konsep Smart Tourism. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy Faculty of Islamic Economic and Business Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2(1). doi:10.21274.

Pavithra, K., Sharmilla, I., Sivapriya, S., Swathi, U., & Sekar, S. (2019). Future of Smart Tourism. International Vol. xx, No. x, bulan tahun: hal – hal Research Journal of Enginering and Technology (IRJET), 6(2).

Priyadi, U. (2016). Pariwisata Syariah Prospek dan Perkembangannya. Yogyakarta: STIM YKPN.

Safitri, L. N., Mukaromah, S. M., & Habib, M. A. (2021). Analisis Potensi Obyek Wisata Pantai dengan Konsep Halal Beach Tourism di Kota Denpasar. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 167-180.

Sayekti, N. W. (2019, September). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. Jurnal Kajian: Menjembatani Teori dan Persoalan Masyarakat dalam Perumusan Kebijakan, 24(3), 159-171.

Subarkah, A. R. (2018, Juli-Desember). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sospol, 4(2).

Surur, F. (2020). Wisata Halal : Konsep dan Aplikasi. Samata, Kabupaten Gow: Alauddin University Press.

Syahid, A. R. (2016). Pariwisata Halal: Pengertian, Prinsip dan Prospeknya. Retrieved from https:// studipariwisata.com/referensi/pariwisata-halal/

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.