Nilai Karakter dalam Buku Bacaan Literasi Anak

Authors

  • Ernida Ernida Universitas Syiah Kuala
  • Razali Razali Universitas Syiah Kuala
  • Siti Sarah Fitriani Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.999

Keywords:

membaca buku, nilai karakter , literasi membaca, anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter dalam buku bacaan literasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi (1) buku cerita Binatang Kecil Ajaib karya A.M. Nanang, (2) buku cerita Bersahabat dengan Bencana Alam karya Sri Handayaningsih, dan (3) buku cerita Legenda Danau Kembar karangan Pinto Anugerah, sedangkan data penelitian ini terdiri dari kalimat, paragraf, atau dialog yang terdapat dalam ketiga sumber data itu. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai karakter yang terkandung dalam buku bacaan literasi cerita Binatang Kecil Ajaib meliputi nilai karakter religius, demokratis, kreatif, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan cinta tanah air; (2) nilai karakter yang terkandung dalam buku bacaan literasi cerita Legenda Danau Kembar meliputi nilai karakter kerja keras, bersahabat/Komunikatif, sopan santun, rasa ingin tahu,  jujur,  berani, mandiri, berpikir logis peduli lingkungan dan peduli sosial; dan (3) nilai karakter yang terkandung dalam buku bacaan literasi cerita Bersahabat dengan Bencana Alam meliputi nilai karakter religius, disiplin, berpikir  logis, peduli lingkungan, dan cinta tanah air.

References

Abidin, Yunus, dkk. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis, Jakarta: Bumi Aksara.

Billy Antoro. 2017. Gerakan Literasi Sekolah, dari Pucuk Hingga Akar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Darmodiharjo, dkk. 2010. Pokok-pokok Filsafat Hukum, Jakarta: Gramedia Utama.

Daryanto dan Suryati. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media.

Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas, Yogyakarta: Kanisius.

Dewi, Ni Luh Lina Agustini, dkk. 2014. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Volume 2, Nomor 1 Tahun 2014. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.3438

Efendi, Anwar. 2020. Nilai Karakter dalam Novel Biografi Hatta: Aku Datang Karena Sejarah Karya Sergius Sutanto Anwar Efendi. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun X, Nomor 1, April 2020. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v10i1.31269

Faizah, Dewi Utama, dkk. 2017. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

H.G, Tarigan. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Iriantara, Yosal. 2009. Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009.

Irma, Cintya Nurika. 2018. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Retorika, Volume 11, Nomor 1, Februari 2018.

Izzaty, Rita Eka. 2008. Perkembangan Peserta Didik, Yogyakarta: UNY. Press.

Kern, Richard. 2000. Literacy and Language Teaching, Oxford: Oxford University Press.

Kesuma A, Doni. 2010. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Jakarta: Grasindo.

Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Krispendoff, Klaus. 2003. Analisis Isi Pengantar dan Teori Metodologi, Jakarta:Rajawali Press.

Latif, Abdul. 2009. Pendidikan Berbasis Nilai Kemanusiaan, Bandung: Refika Aditama.

Lickona, Thomas.2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung: Nusa Media.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif, Jakarta: Esensi, divisi Penerbit Erlangga.

Lubis, Fheti Wulandari. 2018. Analisis Nilai–Nilai Karakter Bangsa Pada Novel “Amelia” Karya Tere-Liye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Nomor 15, Volume 2, Tahun 2018. https://doi.org/10.37755/jsbi.v15i2.51

Moleong, J. Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta.

Mumpuni dan Masruri, M. S. 2016. Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter Volume 1 Tahun 2016.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pangesti, Wiedarti, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi di Sekolah Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Purwanto, Ngalim. 2002. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmadi, Mamat. 2014. Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Islam, Universitas Pendidikan Indonesia.

Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018.

Romdhoni, Ali. 2013. Al-Qur’an dan Literasi, Depok: Literatur Nusantara.

Saddhono dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi), Bandung: Karya Putra Darwati.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung

Setyawan, Ibnu Aji. 2018. Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi, Yogyakarta: Gurudigital.id.

Shochib, Moh. 2008. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta.

Sidik, Umar. 2020. Kesesuaian Bahan Bacaan Literasi Emergen dengan Pembaca Sasaran. Jurnal Widyaparwa Volume 48, Nomor 2 Tahun 2020.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cet. XIV. Bandung: Alfabeta.

Waluya, Bagja. 2009. Sosiologi (Melayani Fenomena Sosial Di masyarakat), Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan nasional.

Widodo, Arif, dkk. 2019. Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Kependidikan volume 8, nomor 2, tahun 2019.

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zuchdi, Darmiyati. 2009. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Ernida, E., Razali, R., & Fitriani, S. S. . (2023). Nilai Karakter dalam Buku Bacaan Literasi Anak. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 46–60. https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.999