The Influence of Discipline, Learning Facilities, and Friends Class to Economics Learning Outcomes

Authors

  • Muhamad Iqbal Hutanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v10i1.4121

Abstract

The research objective was to analyze the effect of discipline, learning facilities and peers on the economic learning outcomes of class XI students at SMAN 2 Probolinggo partially or simultaneously. This type of research uses a quantitative approach, a total sample of 97 students. Researchers used a questionnaire that was distributed to students. To ensure that the learning discipline influences, learning and peer facilities are really at the center of learning. The results of the study show that learning discipline, learning facilities and peers simultaneously have a positive effect and partially have a positive effect on learning outcomes. Through this research, it is able to explain student learning outcomes by 71.2%. The rest is influenced by variables outside the study.

Author Biography

Muhamad Iqbal Hutanto, Universitas Negeri Surabaya

Economic Education

References

Anggraini, E. (2014). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014.

Arista, I. D. (2018). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik, 6, 302–309.

Dina Ulfa. (2017). Influence of Motivation To Learn, learn Discipline, Learning Style, and Facilities Study of Achievement Class X SMK In Jakarta.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20.

Haries Pratama, Husni Syahruddin, M. B. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi.

J. W Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Resti, M. (2014). Jurnal Disiplin Belajar. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Se Kecamatan Ajibarang Tahun Ajaran 2013/2014.

Ryan Pyrba, A. R. (2018). No Title. Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK N 2 Temanggung, 341–342.

Saputro, Singgih Teguh, dkk. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10 (1), 78–79.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. 2.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U. dan L. S. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta bekerja sama dengan DEPDIKBUD.

Tu’u. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta, 22.

Werdayanti. (2018). The effect of achievement motivation, learning discAnggraini, E. (2014). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014.

Arista, I. D. (2018). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik, 6, 302–309.

Dina Ulfa. (2017). Influence of Motivation To Learn, learn Discipline, Learning Style, and Facilities Study of Achievement Class X SMK In Jakarta.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20.

Haries Pratama, Husni Syahruddin, M. B. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi.

J. W Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Resti, M. (2014). Jurnal Disiplin Belajar. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Se Kecamatan Ajibarang Tahun Ajaran 2013/2014.

Ryan Pyrba, A. R. (2018). No Title. Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK N 2 Temanggung, 341–342.

Saputro, Singgih Teguh, dkk. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10 (1), 78–79.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. 2.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U. dan L. S. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta bekerja sama dengan DEPDIKBUD.

Tu’u. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta, 22.

Werdayanti. (2018). The effect of achievement motivation, learning discipline and learning facilities on student learning oucomes.

YuliAnggraini, E. (2014). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014.

Arista, I. D. (2018). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik, 6, 302–309.

Dina Ulfa. (2017). Influence of Motivation To Learn, learn Discipline, Learning Style, and Facilities Study of Achievement Class X SMK In Jakarta.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20.

Haries Pratama, Husni Syahruddin, M. B. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi.

J. W Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Resti, M. (2014). Jurnal Disiplin Belajar. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Se Kecamatan Ajibarang Tahun Ajaran 2013/2014.

Ryan Pyrba, A. R. (2018). No Title. Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK N 2 Temanggung, 341–342.

Saputro, Singgih Teguh, dkk. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10 (1), 78–79.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. 2.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U. dan L. S. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta bekerja sama dengan DEPDIKBUD.

Tu’u. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta, 22.

Werdayanti. (2018). The effect of achievement motivation, learning discipline and learning facilities on student learning oucomes.

Yuliani. (2014). No Title. Anggraeni, E. (2014). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Pendidikan, 5-6. Anggraini, E. (2014).

ani. (2014). No Title. Anggraeni, E. (2014). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Pendidikan, 5-6. Anggraini, E. (2014).

ipline and learning facilities on student learning oucomes.

Yuliani. (2014). No Title. Anggraeni, E. (2014). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Pendidikan, 5-6. Anggraini, E. (2014).

Downloads

Published

2021-06-24

How to Cite

Hutanto, M. I. (2021). The Influence of Discipline, Learning Facilities, and Friends Class to Economics Learning Outcomes. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 10–17. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v10i1.4121

Issue

Section

Articles