Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Di PT. Bank Muamalat

Authors

  • Muhammad Adam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.97

Keywords:

Promosi, Kepercayaan, Harga, Keputusan Nasabah, Tabungan Haji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari promosi, kepercayaan dan harga terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji di PT. Bank Mualamat Jambi. Setelah dilakukan uji secara parsial didapatkan kesimpulan bahwa variabel promosi berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji dengan hasil 0,0015.kedua variabel kepercayaan tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji dengan hasil 0,929. ketiga variabel harga berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji dengan hasil 0,000. Setelah dilakukan uji secara simultan promosi (x1), kepercayaan (x2),harga (x3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan dalam mengggunakan tabungan haji. hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 211.7443 dengan probabilita sebesar (0.000000) atau lebih kecil dari nilai α = 0.05 (0.00000 < 0.05), Pengaruh variabel independen (promosi, kepercayaan dan harga) terhadap variabel dependen (keputusan menabung) ditunjukkan oleh besar koefisien determinasi R2 .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ayubi, Abdurrohim. “Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank Mega Syariah Kantor Cabang Tangerang City.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016.

Almunawarroh, Medina dan Marliana, Rina. “Pengaruh CAR, NPF, dan FDR Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Indonesia,” Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 2, no. 1 (Desember 2019): 4, https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/amwaluna/article/view/3156.

Bayupratama, Candra. “Pengaruh Citra Bank dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menabung Dengan Variabel Mediasi Word of Mouth Pada Nasabah Bank Mandiri di Surabaya.” Jurnal STIE Perbanas 10, no. 7 (Januari 2017): 4. http://eprints.perbanas.ac.id/2876/.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Darsono, Indahwati Licen dan Dharmmesta, Swastha Basu. “Kontribusi Involvement Dan Trust In Brand Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia 20, no. 3 (Desember 2005): 7. https://onesearch.id/Record/IOS1175.article-6576.

Daulay, Raihanah. “Analisis Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Syariah di Kota Medan.” Jurnal Manajemen & Bisnis 10, no. 01 (April 2010): 3. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/91.

Dharmmesta, Swastha Basu. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Dwiastuti, Rini. Ilmu Perilaku Konsumen. Bandung: Universitas Brawijaya Press, 2012.

Erlinda, Vera dan Ritonga, H. Doli Haroni. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Bank oleh Nasabah Tabungan Haji (Studi Kasus: Peserta Bimbingan Manasik Haji Aziziah Kec. Medan Johor).” Jurnal Ekonomi dan Keuangan 1, no. 3 (Februari 2013): 1-2. https://jurnal.usu.ac.id/index.php/edk/article/view/3165.

Fadillah, Yuniar Dwi Intan. “Pengaruh Pengetahuan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Kc Madiun,” Skripsi, IAIN Ponogoro, 2019.

Hayat. “Globalisasi Perbankan Syariah: Tinjauan Teoritis dan Praktis dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015.” Hunafa: Jurnal Studia Islamika 11, no. 2 (Desember 2014): 3-4. https://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/358.

Herlambang, Adhitya. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengajukan Pembiayaan Kepemilikan Emas,” Skripsi, UIN Jakarta, Jakarta, 2018.

Huda, Choirul. “Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pedagang Pasar Pengging Melakukkan Simpanan Mudharabah Di Kspps Sarana Aneka Jasa Pengging Boyolali,” Skripsi, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 2018.

Istiantin. “Analisis Strategi Pemasaran Bisnis Retail di Lottemart Surakarta.” Jurnal Pradigma 12, no. 02 (Agustus 2014): 4. https://media.neliti.com/media/publications/115518-ID-analisis-strategi-pemasaran-bisnis-retai.pdf.

Jamis, Sri dan Susanti, Febri. “Pengaruh Harga dan Periklanan Melalui Internet Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Merek Lux pada Mahasiswa STIE KBP Padang,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 10, no. 4 (Februari 2019): 4, https://osf.io/preprints/inarxiv/xz3d8/.

Kamarni, Neng. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Berhubungan dengan Bank Syariah di Kota Padang.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 3, no. 1 (Januari 2012): 3. http://repo.unand.ac.id/1488/.

Kotler dan Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: UII Press, 2016.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat, 2018.

Kotler, Phillip dan Keller, Lane Kevin. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2009.

Mayer. An Integration Model Of Organization Trust. New York: Academi of Management Review, 1995.

Muhammad. Metologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Salemba Empat, 2017.

Murti, Wira Putu I. “Pengaruh Kepercayaan Nasabah, Bauran Produk dan Bauran Lokasi Terhadap Transaksi Nasabah.” E-Jurnal Manajemen Unud 5, no. 1 (Juli 2016): 6. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/16165.

“Ojk.go.id.” Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah pasal 1 ayat (2), Diakses pada 20 Agustus 2022, https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/regulasi/undang-undang/pages/undang-undang-nomor-21-tahun-2008-tentang-perbankan-syariah.aspx.

“Ojk.go.id.” Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah pasal 1 ayat (7), Diakses pada 20 Agustus 2022, https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/regulasi/undang-undang/pages/undang-undang-nomor-21-tahun-2008-tentang-perbankan-syariah.aspx.

Putri, Tanama Rahayu Budi. Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran. Udayana: Fakultas Peternakan Universitas Udayana, 2014.

Rachmawati, Ivany. “Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Pengetahuan Produk dan Pengetahuan Agama Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Menabung Dibank Bri Syariah Di Surabaya,” Skripsi, STIE Perbanas, Surabaya, 2017.

Rahmawati. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mulawarman University Press, 2016.

Restiana. “Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Masyarakat Melakukan Pembiayaan Dana Talangan Haji,” Skripsi, UIN Raden Intan, Lampung, 2019.

Rousseau. Not to Different After All , A Cross – Discipline View of Trust. New York: Academi of Management Reveiw, 1998.

Safitri, Aris. “Pengaruh Haga, Promosi dan Religiusitas Terhadap Keputusan Masyarakat dalam Memilih Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variable Intervening,” (Skripsi, IAIN Salatiga, Jawa Tengan, 2019), 34.

Saraswati, Priharienta Belaningtias. “Pengaruh Kualitas, Merek, Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bank Syariah Pad PT Bank Syariah Mandiri,” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.

Sari, Eliana. Pengambilan Keputusan dalam Organisasi. Jayabaya: University Press, 2007.

Setyawan, Neysa Yohana. “Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2, no. 1 (Agustus 2014): 2. https://media.neliti.com/media/publications/132217-ID-analisa-pengaruh-kepercayaan-jaminan-ras.pdf.

Syachfuddin, Andasari Laras. “Pengaruh Factor Makro Ekonomi, Dana Pihak Ketiga dan Pangsa Pembiayaan Terhadap Profitabilitas Industry Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2011-2015.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 4, no. 2 (Juni 2017): https://e-journal.unair.ac.id/JESTT/article/view/6978.

Syekh, Sayid. Pengantar Statistik Ekonomi dan Sosial. Jakata: Gaung Persada, 2011.

Tajudin, Hanura Makhdaleva & Mulazid, Sofya Ade. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok.” Jurnal Islamiconomic: Jurnal Ekonom 8, no. 1 (Januari 2017): 2. https://journal.islamiconomic.or.id/index.php/ijei/article/view/64.

Yogiarto, Permana Hardian Atanasius. “Pengaruh Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Di Bank Muamalat Pekalongan,” Skripsi, UIN Sumatera Utara, Medan, 2015.

Yuniarti, Atika, “Pengaruh Promosi, Pengetahuan Nasabah dan Motivasi Terhadap Keputusan Pengambilan Cicilan pada PT Al-Ijarah Indonesia Finance Cabang Lampung,” Skripsi, UIN Raden Intan, Lampung, 2018.

Yusuf, Kalamudin Deni. “Pengaruh Promosi Produk-Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Calon Nasabah Untuk Berinvestsi Di PT Bank Syariah Mandiri Kcp Jatinangor Sumedang,” Skripsi, UIN Sunan Gunung Jati, Bandung, 2015.

Downloads

Submitted

2022-08-13

Accepted

2022-08-27

Published

2022-08-30

How to Cite

Adam, M. (2022). Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Di PT. Bank Muamalat. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1), 107–132. https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.97