Pengaruh pola asuh dan kepribadian terhadap online resilience pada pelajar dalam menghadapi pembelajaran daring
Abstract
ABSTRACT The world is in a difficult time, with the corona virus (Covid-19) which has changed all the lives of the world's people, this pandemic has resulted in all activities having to be carried out at home or online, including learning activities. The study reveals that there is a difference between authoritarian parenting, democratic foster behaviors, permissiveness, exclusion of individuality, openness personality, aggressiveness, and the neoritousness of the online resilience. The research is three variables: the big five's personality, the online resilience. Online resilience as Variable, parenting and personality as independent varabel. The method used in this study is a quantitative method using the scale of the foster pattern in which each foster pattern has as many as 10 items, a big five 20 item personality scale and an online scale of 20 items, so the total scale used is 70 items. The population includes students in the capital district as many as 100 respondents. The data analysis used was regression. The analysis of the data shows that democratic upbringing and extra-version personalities have value at 0,000 0.05 indicates that there is an influence between democratic parenting and extra-version personalities on the online agenda. And the results in authoritarian foster patterns, permisif parenting patterns, ferociousness personalities, openness personalities, aggressive personalities, and neoritqualities have a significant 0.05. With r square 0.315 therefore then the effect of parenting and personality simultaneously on online resilience is 31.5%. The study's hypotheses on the study argue that there is an influence in parenting and personality on the online basis and that there is a difference between authoritarian foster patterns, Democrats, permissiveness, exclusion of individuality, openness personality, aggressive personality, and neoritzation on the average online resilience. KEYWORDS: parenting; personality; online resilience; online learning; Covid-19 ABSTRAK Dunia sedang berada pada masa yang sulit, dengan adanya virus corona (Covid-19) yang merubah semua kehidupan masyarakat dunia, pandemi ini mengakibatkan semua kegiatan harus dilaksanakan di rumah atau online, termasuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh antara pola asuh otoriter, pola asuh demokratif, pola asuh permisif, kepribadian ekstraversion, kepribadian conscientiousness, kepribadian openness, kepribadian agreeableness, dan kepribadian neoriticism terhadap rata-rata online resilience. Penelitian ini ada 3 variabel yaitu Pola asuh, Kepribadian Big Five dan Online resilience. Online resilience sebagai variable dependen, Pola asuh dan Kepribadian sebagai varabel Independen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala Pola asuh yang masing-masing pola asuh memiliki sebanyak 10 item, skala kepribadian big five 20 item dan skala online resilience sebanyak 20 item, jadi total skala yang digunakan yaitu ada 70 item. Populasi mencakup pelajar di Kabupaten Pasuruan sebanyak 100 responden. Analisa data yang digunakan adalah regresi berganda. Dari hasil analisa data yang ada menunujukkan bahwa pola asuh demokratis dan Kepribadian Ekstraversion memiliki nilai 0.000 0.05 maka dinyatakan ada pengaruh antara pola asuh demokratis dan kepribadian ekstraversion terhadap online resilience. hasil pada pola asuh otoriter, pola asuh permisif, kepribadian conscientiousness, kepribadian openness, kepribadian agreeableness, dan kepribadian neoriticism memiliki nilai signifikansi 0.05. dengan R Square 0,315 maka pengaruh pola asuh dan kepribadian secara simultan terhadap online resilience adalah sebesar 31,5%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa Ada pengaruh Pola Asuh dan Kepribadian Terhadap online resilience dan ada perbedaan pengaruh antara pola asuh otoriter, pola asuh demokratif, pola asuh permisif, kepribadian ekstraversion, kepribadian conscientiousness, kepribadian openness, kepribadian agreeableness, dan kepribadian neoriticism terhadap rata-rata online resilience diterima. KATA KUNCI pola asuh; kepribadian; online resiliensi; daring; Covid-19