ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PADA UMKM DI KECAMATAN PONOROGO

Authors

  • Erfin Eka Radana Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Arif Hartono Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ika Farida Ulfah Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.628

Keywords:

Modal Kerja, Biaya Operasional Dan Umkm

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari modal kerja dan biaya operasional terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan.Ponorogo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Pengambilan sampel ditetapkan secara bertahap dari kelompok/jenis UMKM yang banyak sampai ke kelompok/jenis UMKM yang terkecil. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling di dapatkan pemerataan jumlah sampel untuk masing masing kelompok/jenis UMKM di Kecamatan Ponorogo berjumlah 100 sampel. Data Kuesioner dalam Penelitian ini kemudian diproses dan di analisis menggunakan Regresi Linear Berganda dengan menggunakan Program SPSS. Hasil Penelitian ini menunjukkan Hasil pengujian hipotesis pertama, dapat disimpulkan bahwa modal kerja berpengaruh positif terhadap pendapatan UMKM. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin besar modal kerja yang dimiliki UMKM, maka pendapatan pemilik UMKM di Kecamatan Ponorogo akan meningkat. UMKM akan berupaya untuk melakukan berbagai cara agar dapat memperoleh modal kerja dengan baik, karena semakin meningkat modal akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Hasil pengujian hipotesis kedua, dapat disimpulkan biaya operasioanal berpengaruh negatif signifikan terhadap pendapatan UMKM. Hal tersebut berarti semakin sedikit biaya operasional yang biasa dikeluarkan akan menyebabkan naiknya pendapatan UMKM. Dengan adanya pengetahuan tentang pengelolaan biaya operasional yang sudah dipahami secara meluas oleh pelaku UMKM akan berdampak pada peningkatan pendapatan UMKM. Hasil pengujian pada hipotesis ketiga, secara simultan variabel biaya operasional dan modal kerja berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Ponorogo. Hal tersebut berarti bahwa semua variabel yang digunakan di penelitian ini sangat berdampak secara langsung terhadap pendapatan yang diperoleh UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baridwan, Z. (2000). Intermediete Accounting. Yogyakarta: BFFE.

Boediono. (2000). Ekonomi Internasional. Yogyakarta: BFFE.

Busyro, N. (2016). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Jam Kerja dan Jumlah Produksi Terhadap Pendapatan di UD. Warga Teknik Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat.

Dewi. (2012). Analisis Pendapatan Pedagang Canang Di Kabupaten Bandung. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Bali.

Diandrino, D. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Kedai Kopi Di Kota Malang. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Vol 2 No 2 2018.

Ernawati, F., & Suwitho, S. (2015). Pengaruh biaya operasional terhadap laba bersih dengan perputaran persediaan sebagai variabel pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(9).

Ghozali, Imam. (2016). Konsep Dan Aplikasi dengan Program Amos 21.0.

Universitas Diponogoro.

Harmono. (2009). Manajemen Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jopie, J. (2014). Analisis Kredit untuk Account Officer. Jakarta: PT. Gramedia.

Kasmir, (2017). Analisis Laporan Keuangan / Kasmir, Jakarta: Rajawali Pers 2017.

Kolanus, L. T., Rumate, V. A., & Engka, D. S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Manado. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah, Vol 21 No. 4.

Komara, A. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol 20 No. 1.

Lestari, D. A. (2020). Pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR), Modal Sendiri, Lama Usaha dan Jumlah Tenaga Kerja terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Tegal. Skripsi.

Mulyadi, M., & Juniaarti, A. T. (2019). Analisis Pengendalian Persediaan Untuk Meminimalkan Biaya Persediaan.

Nayla, Aktifa P. Komplet Akuntansi untuk UKM dan Waralaba. Jogjakarta:

Laksana, 2014

Ni Rai Artin, (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Tabanan Vol 13, No 1 (2019)

Nirfandi Gonibala, Dkk, (2019). Analisis Pengaruh Modal Dan Biaya Produksi Dan Terhadap Pendapatan UMKM Di Kota Kotamobagu. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 19, No 01 (2019).

Nofianti, N. (2018). Pengaruh Biaya Operasional, Pengalaman Usaha, Skala Usaha Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Perolehan Pendapatan Sisa Hasil Usaha Koperasi Di Kota Tanjungpinang. Jurnal Umrah.

Reimeida, S. V. (2016). Analisis Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Industri Telekomunikasi Di indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 16 No.3.

Riawan, & Wawan. (2018). Pengaruh Modal Sendiri, Dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Usaha (Studi Pada UMKM Di Desa Platihan Kidul Kec. Siman). Jurnal Akuntansi dan Pajak, Vol. 19 No.1, 31-37.

Riyanto, B. (2011). Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BFFE.

Rosadi, E. (2019). Pengaruh Modal Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Bersih Perusahaan Dalam Persepektif ekonomi Islam. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rudianto, (2006) Akuntansi Manajemen, Jakarta:Grasindo.

Santoso, S. (2015). Penelitian Kuantitatif : Metode Dan Langkah Pengolahan Data. Unmuh Ponorogo Press, Ponorogo.

Sudarsani, N. P. (2019). Pengaruh Modal Kerja dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan. Ganec Swara, 280-287

Sugiyarso. (2005). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dam R&D. Bandung: Alvabeta CV.

Sukirno, S. (2014). Ekonomi Pembangunan: Proses, masalah, dan dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. .

Sunardi, & Prismatiwi, A. (2015). Pengantar Bisnis Konsep, Etika Strategi, Dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Supriyono, R. A. (2016). Akuntansi Biaya; Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok, buku 1.

Sutrisno, E. (2021). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor UMKM dan Pariwisata. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 9(1), 641–660.

Suwastha, B., & Irawan. (2005). Asas-Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tambunan, T. (2012). UMKM Indonesia. Buku Dosen-2014.

Tulus T. H. Tambunan. (2002) Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia:

Beberapa Isu Penting. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Tuti, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Umkm Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan Sak Etap. Jurnal Akuntansi Kontemporer, Vol. 8 No. 2.

Wahyuni, R. Pengaruh Anggaran Biaya Terhadap Efisiensi Biaya Operasional pada PT. Pelabuhan Indonesia I Cabang Belawan Medan. Universitas Medan Area. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan (2019)

Yusuf, J. (2006). Analisis Kredit. Yogyakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

(https://dpmptsp.ponorogo.go.id/) diakses pada (02 Oktober 2021).

(https://www.kemenkue.go.id/) diakses pada (27 september 2021).

(www.nusantaranews.com) diakses pada (21 Oktober 2022).

(https://dutanusantarafm.com/ ) diakses pada (2 Februari 202

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Radana, E. E., Hartono, A., & Ulfah, I. F. (2023). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PADA UMKM DI KECAMATAN PONOROGO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 773–793. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.628