EFEKTIVITAS MUROTTAL PADA KECEMASAN MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Authors

  • Wiwi Mardiah Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran
  • Hediati Hastuti Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran
  • Bambang Aditya Nugraha Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.317

Keywords:

Covid-19, Kecemasan, Mahasiswa Keperawatan, Murottal, Pembelajaran

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan proses perkuliahan, mulai dari pembelajaran daring hingga hybdrid learning. Berbagai tuntutan kegiatan akademik dan non akademik dalam metode dan kondisi yang baru dihadapi dapat menjadi masalah bagi mahasiswa keperawatan. Sehingga perkuliahan selama pandemi berisiko menimbulkan kecemasan. Penurunan kecemasan dapat dilakukan dengan intervensi nonfarmakologis, seperti murottal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas murottal pada kecemasan mahasiswa selama pandemi COVID-19 di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan one group pre test post test design. Responden penelitian berjumlah 46 mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran angkatan 2020 dan 2021 dengan teknik pemilihan purposive sampling. Responden dipilih berdasarkan hasil screening kecemasan, beragama islam dan tidak sedang melakukan aktivitas untuk menurunkan kecemasan sebagai kriteria penelitian. Variabel kecemasan diukur menggunakan instrumen Zung Self-rating Anxiety Scale (SAS). Data dianalisis menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kecemasan responden menurun dari 38.87 menjadi 31.17, diikuti penurunan skor minimum (23-20) dan skor maksimum (66-55) setelah intervensi. Hasil analisis statistik uji Wilcoxon menunjukkan p-value = 0,000 (p-value>0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang bermakna antara skor kecemasan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran sebelum dan setelah mendengarkan murottal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mendengarkan murottal efektif dalam menurunkan kecemasan mahasiswa. Penggunaan murottal Surah Ar-Rahman berirama ‘Ajam dengan durasi 15.96 s dapat dijadikan alternatif intervensi bagi mahasiswa untuk menurunkan kecemasanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. A., & Omar, Z. (2011). The effect of temporal eeg signals while listening to quran recitation. International journal on advanced science, Engineering and Information Technology, 1(4), 372–375.

Adi, N. N., Oka, D. N., & Wati, N. M. (2021). Dampak positif dan negatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 4348.

Adiputra, I. M. S., Siregar, D., Anggraini, D. D., Irfandi, A., Trisnadewi, N. W., Nurmalita, H. M., Oktaviani, S., Laksmini, P., Supinganto, A., Pakpahan, M., Listyawardhani, Y., Islam, F., & Ani, M. (2021). Statistik Kesehatan: Teori dan Aplikasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Adryana, N. C., Apriliana, E., & Oktaria, D. (2020). Perbandingan tingkat stress pada mahasiswa tingkat I, ii dan iii fakultas kedokteran universitas lampung majority. Majority , 9(2), 142–149.

Agustriyana, N. A., & Suwanto, I. (2017). Fully human being pada remaja sebagai pencapaian perkembangan identitas. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(1), 9–11.

Ah. Yusuf, PK, R. F., & Nihayati, H. E. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba medika.

Ahmed, S., Al-Galal, Y., Fakhri, I., & Alshaikhli, T. (2017). Analyzing brainwaves while listening to quranic recitation compared with listening to music based on eeg signals. International Journal on Perceptive and Cognitive Computing (IJPCC), 3(1).

Al-Galal, S. A. Y., & Alshaikhli, I. F. T. (2017). Analyzing brainwaves while listening to quranic recitation compared with listening to music based on eeg signals. International Journal on Perceptive and Cognitive Computing (IJPCC) , 3(1), 1–5.

Alwi, I. (2015). Kritera empirik dalam menentukan ukuran sampel pada pengujian hipotesis statistika dan analisis butir. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 140–148.

Andriyani, L. D., & Nurhidayati, T. (2020). Penerapan terapi murottal al-qur’an terhadap kecemasan mahasiswa perantauan karena covid-19 di desa pandu senjaya kecamatan pangkalan lada kalimantan tengah. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 618–628.

Angelin, L., Syenshie, W. V., & Ferlan, P. A. (2021). Tingkat stres berhubungan dengan kejadian generalized anxiety disorder (gad) pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(2), 399–408.

Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatandalam menghadapi ujian berbasis computer based test. Medisains, 16(2), 67–75.

Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep kecemasan (anxiety) pada lanjut usia (lansia). Konselor, 5(2), 93–99.

Antony, M. M., Cox, B. J., Enns, M. W., Bieling, P. J., & Swinson, R. P. (1998). Psychometric properties of the 42-item and 21-item versions of the depression anxiety stress scales in clinical groups and a community sample. Psychological Assessment, 10(2), 176–181.

Apriani, E. S., Somantri, I., & Pahria, T. (2020). Pengalaman belajar mahasiswa keperawatan dalam mengikuti proses pembelajaran praktikum di laboratorium. Journal of Nursing Care, 3(2), 60–70.

Aris, Y., Sarfika, R., & Erwina, I. (2018). Stress pada mahasiswa keperawatan dan strategi koping yang digunakan. NERS: Jurnal Keperawatan, 14(2), 81–91.

Budi, Y. S. (2020). Aspek Kecemasan Saat Menghadapi Ujian dan Bagaimana Strategi Pemecahannya. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., Winsen, & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Selaras, 3(1), 67–82.

Chusnia, A., Sunarko, Sarwono, B., & Sunarmi. (2018). Efektifitas terapi musik klasik mozart dan terapi murotal surah ar-rahman terhadap penurunan tingkat stres akademik remaja. Jurnal Keperawatan Mersi, VII(4), 13–18.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Bogor: Guepedia .

Darmadi, S., & Armiyati, Y. (2019). Murottal and clasical music therapy reducing pra cardiac chateterization anxiety. South East Asia Nursing Research, 1(2), 52.

Desprayoga, D., & Verawati, V. (2019). Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1). http://beritabaca.co.id

Deswati. (2021). Menurunkan Kecemasan Ibu Nifas dengan Metode Kanguru. Tangerang: Media Sains Indonesia .

Dewi, D. C., Setyani, J., & Yulyanti, S. (2021). Cara pencegahan penyebaran covid-19. Proceeding Seminar Nasional, 111–116.

Faradisi, F. (2012). Efektivitas terapi murotal dan terapi musik klasik terhadap penurunan tingkat kecemasan pasien pra operasi di pekalongan. Jurnal Ilmiah Kesehatan , 5(2).

Faradisi, F., & Aktifah, N. (2018). Pengaruh pemberian terapi murottal terhadap penurunan kecemasan post operasi. PROFESI (Profesional Islam) Media Publikasi Penelitian, 15(2).

Fauzan, F. A. (2017). Hybrid learning sebagai alternatif model pembelajaran. Seminar nasional profesionalisme guru di era digital, 244–252.

Febriyanti, E., & Mellu, A. (2020). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi pandemi covid-19 di kota kupang. Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 11(3).

García-González, J., Ruqiong, W., Alarcon-Rodriguez, R., Requena-Mullor, M., Ding, C., & Ventura-Miranda, M. I. (2021). Analysis of anxiety levels of nursing students because of e-learning during the covid-19 pandemic. Healthcare, 9(3), 252.

Gerliandi, G. B., Maniatunufus, Pratiwi, R. D. N., & Agustina, H. S. (2021). Intervensi non-farmakologis untuk mengurangi kecemasan pada mahasiswa: sebuah narrative review. Jurnal Keperawatan BSI, 9(2), 234–245.

Ghiasi, A., & Keramat, A. (2018a). The effect of listening to holy quran recitation on anxiety: a systematic review. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 23(6), 411–420.

Ghiasi, A., & Keramat, Af. (2018b). The effect of listening to holy qur’an on reducing anxiety: a systematic review. Irian Journal of Nursing and Midwifery Research, 23(6), 411–420.

Gilang, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran daring di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang.

Gotlib, J., & Jaworski, M. (2021). Impact of anxiety on readiness for covid-19 vaccination among polish nursing undergraduate students: nationwide cross-sectional study. Vaccines, 9.

Gotlib, J., Jaworski, M., Wawrzuta, D., Sobierajski, T., & Panczyk, M. (2021). Impact of anxiety on readiness for covid-19 vaccination among polish nursing undergraduate students: nationwide cross-sectional study. Vaccines, 9(12), 1385.

Gunawan, G., Fun, L. F., Riasnugrahani, M., Azizah, E., Malinda, M., Wardani, R., Manurung, R. T., Victoriana, E., Ginting, S., Indrianie, E., Nurofia, F., Pattipawaej, C., Yuspendi, & Kartikawati, I. A. (2021). Adaptasi Pembelajaran dengan Metode Hybdrid Learning (Rosida Tiurma Manurung, Ed.). Yogyakarta: Zahir Publishing.

Handayani, R., Fajarsari, D., Retno Trisna Asih, D., & Naeni Rohmah, De. (2014). Pengaruh terapi murottal Al-Qur’an untuk penurunan nyeri persalinan dan kecemasan pada ibu bersalin kala i fase aktif. Jurnal Ilmiah Kebidanan , 5(2), 1–15.

Hasibuan, M., Simarmata, J., & Sudirman, A. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hasibuan, S. M., & Riyandi, T. R. (2019). Pengaruh tingkat gejala kecemasan terhadap indeks prestasi akademik pada mahasiswa angkatan 2016 fakultas kedokteran universitas muhammadiyah sumatera utara. Jurnal Biomedik : Jbm, 11(3), 137–143.

Heidari, M., & Shahbazi, S. (2015). An assessment of the effect of recitation of the quran on exam anxiety in nursing and emergency medicine students. Strides Dev Med Educ, 12(1), 56–63.

Hudiyawati, D., Trisna Aji, P., Syafriati, A., Jumaiyah, W., & Tyawarman, A. (2022). Pengaruh murotal al-qur’an terhadap kecemasan pada pasien pre-percutaneous coronary intervention. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 15(1), 8–14.

Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan Statcal (Sebuah Pengantar untuk Kesehatan). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Huriah, T. (2018). Metode Student Center Leraning: Aplikasi pada Pendidikan Keperawatan (Edisi Pertama). Jakarta: Prenadamedia Group.

Idham, A. F., & Ridha, A. A. (2017). Can reduce anxiety in students academic? Jurnal Intervensi Psikologi, 9(2), 141.

Imelisa, R., Roswendi, A. S., Winusakti, K., & Restika, I. (2021). Keperawatan Kesehatan Jiwa Psikososial. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Inangil, D., Sendir, M., Kabuk, A., & Turkoglu, I. (2020). The effect of music therapy and progressive muscle relaxation exercise on anxiety before the first clinical practice in nursing students: a randomized controlled study. Florence Nightingale Journal of Nursing, 28(3), 341–349.

Indriyati, Herawati, V. D., Sutrisno, S., & Putra, F. A. (2020). Pengaruh terapi komplementer dengan mendengarkan murottal al-quran terhadap tingkat kecemasan pada mahasiwa tingkat akhir yang menyusun skripsi pada situasi pandemic covid -19. Proceeding of The URECOL, 997–1011.

Irwanto, E., Farhanto, G., Jasmani, P., & Banyuwangi, U. P. (2021). Anxiety pembelajaran daring di era covid-19 : pada matakuliah praktikum. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 264–269.

Ismayani, A. (2020). Metodologi Penelitian. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Jasafat, J., Ibrahim, I., & Hatta, K. (2020). Zikrullah as an emotional cpunseling on amygdala from science approach. Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 26(2), 250–269.

Karimi, S., Abdi, A., & Tondro, A. (2022). The effect of quranic voice on anxiety: a systematic and meta-analytic review study. In Int J Med Invest (Vol. 11, Issue 1).

Kurniawan, W., & Agustini, A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Keperawatan. Cirebon: LovRinz Publishing.

Maghaminejad, F., Adib-Hajbaghery, M., Nematian, F., & Armaki, M. (2020). The effects of guided imagery on test anxiety among the 1st-year nursing students: a randomized clinical trial. Nursing and Midwifery Studies, 9(3), 130–134.

Mahdia, A. (2018). Pengaruh konten influencer di media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja akhir. Jurnal ilmiah psikologi, 11(2).

Maitri, S. (2005). Cerdas Emosi Dengan Eneagram. Jakarta: Penerbit Serambi.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Marbun, S. D. R. P., Hadiati, T., & Sarjana, W. (2016). Perbedaan tingkat kecemasan dan depresi pada mahasiswa sistem perkuliahan tradisional dengan sistem perkuliahan terintegrasi. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 5(4), 1715–1723.

Martini, Syahrul, M., & Bunyamin, A. (2021). Tingkat kecemasan mahasiswa selama pandemi. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 43–49.

Masha’al, D., Shahrour, G., & Aldalaykeh, M. (2022). Anxiety and coping strategies among nursing students returning to university during the covid-19 pandemic. Heliyon, e08734.

Masoumy, M., Ganjou, M., & Akbari, Z. (2013). A comparative study on the effects of holly quran and music sound on students text anxiety. CMJA, 3(2), 471–480.

Maulana, A. (2020, March 30). Dr. Andri Abdurochman, S.Si., M.T., “Suara Bacaan Al-Quran Miliki Efek Relaksasi Terbaik Turunkan Stres.” https://www.unpad.ac.id/profil/dr-andri-abdurochman-s-si-m-t-suara-bacaan-al-quran-miliki-efek-relaksasi-terbaik-turunkan-stres/

Maulana, A. (2022, January 20). Unpad Siapkan Fasilitas Penunjang Pembelajaran Hybrid. https://www.unpad.ac.id/2022/01/unpad-siapkan-fasilitas-penunjang-pembelajaran-hybrid/

Mawarti, H., Simbolon, I., Purnawinadi, I. G., Khotimah, K., Pranata, L., Simbolon, S., Mubarak, M., Simanjuntak, S., Faridah, U., Zuliani Zuliani, Dheni, K., & Maramis, J. R. (2021). Pengantar Riset Keperawatan. Medan: Yayasan Kita Menulis .

Mayrani, E. D., & Hartati, E. (2013). Intervensi terapi audio dengan murottal surah ar-rahman terhadap perilaku anak autis. The Soedirman Journal of Nursing), 8(2).

McDowell, I. (2006). Measuring Health : A Guide to Rating Scale and Questionaires : Third Edition (3rd ed.). New York: Oxford University Press.

Nasution, T. H., Ropi, H., & Sitorus, R. E. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan manajemen diri pada pasien yang menjalani hemodialisis di ruang hemodialisis rsup dr hasan sadikin bandung. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 162–168.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan (Rev). Jakarta: Rineka Cipta.

NurCita, B., & Susantiningsih, T. (2020). Dampak pembelajaran jarak jauh dan physical distancing pada tingkat kecemasan mahasiswa fakultas kedokteran universitas pembangunan nasional “veteran” jakarta. Journal of Borneo Holistic Health, 3(1), 58–68.

Nurhalimah. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan : Keperawatan Jiwa. Jakarta: BPPSDM Kemenkes RI.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: pendekatan Praktis Edisi 3 (3rd ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Patimah, Ii. (2020). Konsep Relaksasi Zikir dan Implikasinya terhadap Penderita Gagal Ginjal Kronis. Indramayu: Penerbit Adab .

Ramadhan, A. F., Sukohar, A., & Saftarina, F. (2019). Perbedaan derajat kecemasan antara mahasiswa tahap akademik tingkat awal dengan tingkat akhir di fakultas kedokteran universitas lampung. Medula, 9(1), 78–82.

Rusdi, E. R., Hasneli, Y., & Wahyuni, S. (2020). Efektifitas terapi murottal al-qur’an terhadap tingkat kecemasan mahasiswa sebelum ujian skill laboratory. Jurnal Ners Indonesia, 11(1), 108–118.

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2017). Multimedia Pembelajaan yang Inovatif: Prinsip Dasar dan Model Pengembangan. Yogyakarta: Andi.

Safaria, T. (2021). Psikologi Abnormal: Dasar-Dasar, Teori, dan Aplikasinya. Yogyakarta: UAD PRESS.

Sagita, N. S. (2021). 2 Klaster Sekolah-Kuliah Tatap Muka RI Disorot WHO! Nyaris 200 Positif Corona. Detikhealth. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5727557/2-klaster-sekolah-kuliah-tatap-muka-ri-disorot-who-nyaris-200-positif-corona

Sandjaja, A., Sarjana As, W., & Jusup, I. (2017). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan tingkat sugestibilitas pada mahasiswa fakultas kedokteran tahun pertama. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 235–243.

Santoso, S. A., & Chotibuddin, M. (2020). Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Surabaya: Penerbit Qiara Media.

Saparina, T., Yanti, F., & Nangi, G. (2020). Buku Ajar Manajemen Data Menggunakan Aplikasi EpiInfo dan SPSS. Bogor: Guepedia.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2021). Peta Sebaran COVID-19. covid19.go.id. https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19

Savitsky, B., Findling, Y., Ereli, A., & Hendel, T. (2020). Anxiety and coping strategies among nursing students during the covid-19 pandemic. Nurse Education in Practice, 46.

Septadina, I. S., Prananjaya, B. A., Roflin, E., Rianti, K. I., & Shafira, N. (2021). Terapi Murottal Al-Qur’an untuk Menurunkan Ansietas dan Memperbaiki Kualitas Tidut. Pekalongan: Penerbit NEM.

Seskoadi, K., & Ediati, A. (2017). Hubungan antara kecemasan dengan penyesuaian diri pada mahasiswa bidikmisi tahun pertama di universitas diponeogoro. Empati, 6(4), 236–241.

Setyawan, A., Hasnah, K., Purnamasari, V., Monumen Perjuangan, J., & Lor, B. (2021). Efektivitas murottal ar-rahman terhadap penurunan tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi osce. Jurnal Keperawatan Jiwa , 9(1), 27–34.

Setyowati, A., Chung, M. H., & Yusuf, A. (2019). Development of self-report assessment tool for anxiety among adolescents: Indonesian version of the zung self-rating anxiety scale. Journal of Public Health in Africa, 10(S1).

Shandy, A., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara kecemasan akademik dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru yang akan melaksanakan perkuliahan tatap muka. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2), 264–272.

Song, Y., & Lindquist, R. (2015). Effects of mindfulness-based stress reduction on depression, anxiety, stress and mindfulness in korean nursing students. Nurse Education Today, 35(1), 86–90.

Stuart, G. W. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa (P. E. Karyuni, Ed.; 5th ed.). Jakarta: EGC.

Stuart, G. W. (2013). Principles and Practice of Psychiatric Nursing (10th edition). St. Louis: Elsevier.

Sudaryono. (2014). Teori dan Aplikasi dalam Statistik (Ed.1). Yogyakarta: Andi.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sugeng, C. E. C., Sy Moeis, E., Rambert, G. I., & Ratulangi Manado, S. (2019). Perbedaan derajat ansietas antara penyandang hipertensi belum terkontrol dengan yang terkontrol. Jurnal E-Clinic (ECl), 7(2), 108–112.

Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108.

Sutha, D. W. (2021). Biostatistika . Malang: Media Nusa Creative (MNC PUblishing) .

Sutiah. (2020). Pengembangan Pembelajaran Hybrid Learning Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Ulul Albab. Sidoarjo: NLC.

Syafei, A., & Suryadi, Y. (2018). Pengaruh pemberian terapi audio murottal qur’an surat ar-rahman terhadap tingkat kecemasan pada pasien pre-operasi katarak senilis. Jurnal kesehatan, 9(1), 126–130.

Taliak, J. (2021). Teori dan Model Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.

Tasalim, R., & Cahyani, A. R. (2021). Stres Akademik dan Penangananya. Bogor: Guepedia .

Wahyuni, I., Sutarno, & Andika, R. (2020). Hubungan tingkat religiusitas dengan tingkat kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, XIII(2), 131–144.

Wiguna, R. I., Dwidiyanti, M., & Sari, S. P. (2019). The effect of mindfulness through smartphone applications on the anxiety of final-level nursing students. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 2(4), 230–237.

Yanti, N. P. E. D. (2021). Pemberian video edukasi menurunkan kecemasan pasien coronavirus disease 2019 di rumah sakit. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2), 329–338.

Yudha, T. V. C. Y., Kiswati, & Hadidi, K. (2015). Penurunan tingkat kecemasan mahasiswa dengan pemberian terapi musik di sekolah tinggi ilmu kesehatan dr. Soebandi jember. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 3(2), 148–154.

Yudiati, E. A., & Rahayu, E. (2016). Hubungan antara coping stres dengan kecemasan pada orang-orang pengidap hiv/aids yang menjalani tes darah dan vct (voluntary counseling testing). Psikodimensia , 15(2), 337–350.

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sundra, R. I., Dwiyanto, H., Wirawan, E., Ardiana, D. P. Y., Mutaqqin, & Yunikawati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis .

Yunus, E. S., Rukanta, D., & Arismunandar, P. A. (2021). Pengaruh mendengarkan murottal al-quran terhadap penurunan tingkat stres orang dewasa. Prosiding Kedokteran, 382–390.

Zahra, M., Hadiyanto, A., & Siregar, K. I. (2020). Karakteristik pendidik rahmani dalam surah ar-rahman. Jurnal studi Al-qur’an, 16(1), 89–100.

Zhang, G., Tu, X., Ding, N., Lau, J. T. F., Wang, P., & Yang, X. (2021). Prospective relationships between college adjustment, self-esteem, and mental health status among Chinese undergraduates. Journal of American College Health. 1-7.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Mardiah, W., Hastuti, H., & Nugraha, B. A. (2022). EFEKTIVITAS MUROTTAL PADA KECEMASAN MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 996–1013. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.317