Pendidikan Multikultural melalui Pembelajaran Agama Katolik dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Banyuke Hulu

Authors

  • Marianus Teti
  • Kristianus Kristianus STAKat Negeri Pontianak
  • Antonius Totok Priyadi Universitas Tanjungpura
  • Florensius Sutami STAKat Negeri Pontianak
  • Mayong Andreas Acin STAKat Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52075/vctjpk.v2i2.125

Keywords:

education, multicultural, character

References

Ahmadi. (2002). Psikologi Sosia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13 (1), 28-45. https://doi.org/10.21831/civics.v13i1.11075

Amirusi, M., & Oktapyanto, R. R. (2020). Pendidikan IPS Multikultural. Bandung: Yrama Widya.

Anas Ma'arif, M. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2 (2), 136-152.

Anwar Hafid, dkk. (2015). Pendidikan Multikultural Berbasis Budaya. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arifin, Z. (2012). Pendidikan multikultural-religius untuk mewujudkan karakter peserta didik yang humanis-religius. Jurnal Pendidikan Islam, 1 (1), 89-106. https://doi.org/10.14421/jpi.2011.11.89-103

Awaru, A. O. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial.

Banks, J. A. (2002). ransforming the Multicultural Education of Teachers Theory, Research. New York: Teachers College Press.

Banks, J. A. (2010). Multicultural Education Issues And Perspectives. Canada: Garfinkel.

Chinn, Donna M. Gollnick And Philip C. (2017). Multi-Cultural Education in a Pluralistic Society. United States of America: Pearson.

Ekwandari, Y. S., Perdana, Y., & Lestari, N. I. (2020). ntegrasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah n Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 9 (1), 15-31. https://doi.org/10.36706/jc.v9i1.10268

Fatmawati, Laila. (2018). Pengembangan Modul Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Cinta Tanah Air dan Nasionalis pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (1), 80-92. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p80-92

Handayani, W. (2018). Diskriminasi Gender Dalam Pendidikan. Muwazah-Jurnal Kajian Gender, 10 (2), 198-224. https://doi.org/10.28918/muwazah.v10i2.1784

Hasan, A. (2016). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil Firdaus. Equilibrium pendidikan sosiologi, 6 (1), 33-43. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1796

Indonesia, S. (2003). UU No. 20 tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional: Indonesia.

Iskandar, D. (2004). Identitas Budaya Dalam Komunikasi Antar-Budaya: Kasus Etnik Madura dan Etnik Dayak. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 6 (2), 119-140. https://doi.org/10.14203/jmb.v6i2.208

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kristianus. (2017). The Development of Multicultural Education Model in West Kalimantan. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2 (1), 90-93. https://dx.doi.org/10.26737/jetl.v2i1.144

Kusmaryani, R. (2006). Pendidikan Multikultural Sebagai Alternatif Penanaman Nilai Moral Dalam Keberagaman. Paradigma.

Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biology Education Conference.

Konsilivatikan II, Hardawiryana. R (Penerj). (2003). Nostra Aetate: Jakarta: Obor, Dokumentasi dan Penerangan KWI.

--------------. (2003). Gaudium et Spess: Jakarta: Obor, Dokumentasi dan Penerangan KWI.

Novi Ratna Dewi, I. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. USEJ-Unnes Science Education Journal.

Prayit, P. P. (2017). Pengaruh Sikap Primordialisme Terhadap Upaya Pembentukan Proses Harmonisasi Masyarakat Multikultur. Jurnal Kultur Demokrasi.

Rahim, R. (2017). Signifikansi Pendidikan Multikultural Terhadap Kelompok Minoritas. Analisis.

Rasmitadila. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Saguna, F. (2019). Penerapa Teori Konstruktivis dalam Pembelajaran. Jurnal Paedagogi.

Siri, T. A. (2018). Etika Vos Amici Mei Estis Mgr. Dr. Dominikus Saku Dalam Tata Pencerahan Ilmu, Iman dan Ekonomi. Yogyakarta: Bajawa Press.

Suardi, Firdaus. (2019). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Equilibrium: Jurnal Pendidikan.

Tumon, M. B. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Teti, M., Kristianus, K., Priyadi, A. T. ., Sutami, F., & Acin, M. A. (2023). Pendidikan Multikultural melalui Pembelajaran Agama Katolik dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Banyuke Hulu. VOCAT: JURNAL PENDIDIKAN KATOLIK, 2(2), 77 - 87. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v2i2.125