Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Prestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pelajaran Agama Katolik

Authors

  • Maria Filisa STP-IPI MALANG
  • Intansakti Pius Sekolah Tinggi Pastoral Institut Yayasan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52075/vctjpk.v2i2.139

Keywords:

pembelajaran aktif, prestasi siswa, pelajaran agama katolik

Abstract

Sekolah adalah salah satu institusi paling populer di kalangan orang tua dan siswa. Di sekolah, anak-anak diajarkan apa yang disebut pendidikan. Pada UUD No.20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha yang terencana dan sadar untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agama peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya dalam hal kekuatan spiritual, moral, kepribadian, pengendalian diri, intelektual, dan ketrampilan yang diperlukan bagi diri, masyarakat, bangsa dan negara. Pelajaran Agama Katolik di sekolah dasar membantu siswa mengembangkan kemampuan untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ajaran Gereja Katolik. Terlebih khusus pada penelitian kali ini untuk meningkatkan potensi prestasi siswa dalam pengaruh pembelajaran aktif siswa kelas v. Pembelajaran aktif merupakan suatu pendekatan yang dilakukan dengan cara yang tepat dengan melibatkan seluruh siswa dalam pembelajaran seperti rajin bertanya, memperhatikan dengan baik, bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru, memenuhi tugas dari guru dan juga dapat mengemukakan pendapat dalam diskusi. Dalam pembelajaran aktif ini membantu siswa untuk menunjukkan potensinya lebih mendalam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan teknik observasi partisipasi. Dalam teknik penelitian ini mau mencari pengaruh apa saja yang terjadi dalam proses kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran aktif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan selama masa praktek ngajar. Dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran aktif prestasi siswa meningkat dan mulai aktif dalam proses pembelajaran.

References

Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(April 2020), 36–42.

Istiqomah. (2017). Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Min 2 Tanggamus Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. 1, 22–59. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2073

Oktavia, S. (2019). Pembelajaran Agama Katolik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di SD Inpres Wairklau. Jurnal Serambi Akademica, 7(5), 753. https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1532

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif .

Sugiyono, P. D. (2017). METODE PENELITIAN KUALITATIF . Yogyakarta: ALFABETA, CV.

Indonesia, S. (2003) UU No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Filisa, M. ., & Pius, I. (2023). Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Prestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pelajaran Agama Katolik. VOCAT: JURNAL PENDIDIKAN KATOLIK, 2(2), 88 - 91. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v2i2.139