Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TRP) Pada Siswa Kelas VII MTSN 9 Kampar

Authors

  • Syasri Yenni Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Kampar

Keywords:

Bahasa Inggris, Motivasi Belajar, Total Physical Response

Abstract

Penelitian ini dilakukan tiga siklus. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti Menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu:  1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Pembelajaran dengan menggunakan metode Total Physical Response (TPR) mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penggunaan metode Total Physical Response (TPR) dapat mengubah siswa menjadi aktif belajar, menghilangkan rasa stress pada siswa dan guru memberikan motivasi bahwa belajar bahasa Inggris itu mudah. Dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa dengan siklus III ada kenaikan ketuntasan dari 24 siswa atau 49% menjadi 45 siswa atau 92% naik sebesar 21 siswa atau 43% dari jumlah siswa 49 anak. Dengan demikian, metode Total Physical Response ini dapat memacu siswa untuk lebih aktif dalam memahami dan menguasai materi colours. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang diperoleh, bahwa nilai hasil belajar siswa meningkat dan siswa lebih semangat belajar bahasa Inggris dari siklus I sampai siklus III. Meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa yang dicapai ini adalah bukti bahwa siswa telah berhasil menguasai materi sebanyak 75-100%.

References

Asmani, Jamal Ma’mur, 2013. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif,Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.

Asnawir & Usman, Basyiruddin., 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Kunandar, 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Oktaviani, Mutiara, dkk. 2007. Lesson Time an English Course for SD and MI Students Year 1. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama.

Pardiyono. 2009. Pasti Bisa Teaching Genre Based Speaking. Yogyakarta: Andi.

Penny, Mukti. 2008. Metode TPR, (Online), (http://www.sekolahoke.com/2013/02/Apa.Yang.Dimaksud.Total.Physical.R esponse.Dalam.Pembelajaran.Bahasa.Inggris.html, diakses 26 Agustus 2020).

Poerwadarminta, 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rasimin. 2011. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif. Yogyakarta: MitraCendekia.

Sardiman. 2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Suyadi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kineerja Guru dan Dosen. Bandung: Rosda.

Wulanike, Sri. 2010. Komik Pendidikan Belajar Bahasa Inggris. Yogyakarta: Imagin.

Yamin, Martinis. 2003. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Cipayung: Gaung Persada Press.

Zaini, Hisyam, Bermawi Munthe, & Sekar Ayu. 2008. Kata Pengantar. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Syasri Yenni. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TRP) Pada Siswa Kelas VII MTSN 9 Kampar. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(2), 10-21. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/193