Implementasi Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu MTS Swasta Kota Pekanbaru

Authors

  • Eki Dwi Putri Kementerian Agama Kota Pekanbaru

Keywords:

Implementasi Supervisi Manajerial, Manajerial Pengawas Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui supervisi manajerial, 2) untuk mengetahui mutu pendidikan, dan 3) Untuk mengetahui implementasi supervisi manajerial pengawas madrasah di MTs Swasta Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan metode penelitian kualitatif dan menggunakan analisis data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Supervisi manajerial pengawas madrasah belum  berjalan sesuai dengan kompetensi manajerial pengawas, 2) Mutu madrasah swasta di Kota Pekanbaru masih banyak di bawah standar, 3) Implementasi  Supervisi Manajerial pengawas madrasah belum berjalan  sesuai dengan aturan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 tahun 2010 tentang jabatan pengawas dan angka kreditnya.

References

Agi Maehesa Putri ,Uung Runalan Soedarmo (2018). Peningkatan Mutu Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Indonesian “,Journal of Education Management and Administration Review 2.

Alfonso. R. J.. G.R. Firth, dan R.F. Neville. Instructional Supervision, (Boston, A Behavioral System. 1981). Lihat juga Dodd.W.A.. Primary School Inspection...,

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana, 2007.

Cut Suryan, (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di MTsn Sukadamai Kota Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Didaktika 16 (1)

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2009, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan. Jenderal Pendidikan Tinggi, Rambu-Rambu KKG-DANMGMP-Buku-1.

Dodd.W.A. (1972). Primary School Inspection in New Countries. (London: Oxford University Press

Eny Winaryati, (2014). Evaluasi Supervisi Pembelajaran, (Yogyakarta:Graha Ilmu), hlm.1.

Hartono, (2019). Metodologi Penelitian, (Pekanbaru: Zanafa Publishing)

Imron, A. (2003). Manajemen Pendidikan: Substansi Inti dan Ekstensi. Dalam Imron, A., Maisyaroh, dan Burhanuddin (Eds.), Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan (Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Jaka Wijaya, (2013). Supervisi Pendidik pada Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (1)

Kadim Masaong, (2013). Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung:Alfabeta

Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Pedoman Pembinaan Pengawas Madrasah Dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah, 2014.

Kemendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 143 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemendikbud RI

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Pedoman Pelaksanaan Program Pengawas Sekolah Pembelajar, Tahun 2016.

Mochamad Selamet, (2014). “Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru “.Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pascasarjana Administrasi Pendidikan 2 (1)

Neni, Setianingsih, (200). Efektivitas Pokjawas dalam Kinerja Pengawas Pendais dalam Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Jakarta: Puslitbang Pendidikan agama dan Keagamaan, 5 (4)

Ngalim Purwanto, (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Rosda)

Nur Aedi. (2014). Pengawasan Pendidikan: Tinjauan Teori dan Praktik. (Jakarta: Rajawali Pers)

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah Dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah.

Purwanto, N. (2008),Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Salam, Syamsir & Jaelani Aripin, (2006). Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: UIN Press)

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D dan Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta)

Sudjana, etc all. (2011). Buku Kerja Pengawas Sekolah. (Jakarta: Kemendiknas)

Syafaruddin Dkk, (2016). Administrasi Pendidikan, (Medan:Perdana Publishing)

Sri Banun, Muslim, (2009). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas. Profesionalisme Guru, (Bandung: Alfabeta)

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik. (Bandung: Refika Aditama)

Zainal Arifin. (2013). Pengembangan Sekolah Islam Berwawasan Education For Sustainable Development Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5

Zainal Arifin ,Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Ilmu: Jurnal Ta'dib 19 (01) (014).

Wahyu Iskandar dkk, (2019). Prototipe Supervisi Pendidikan Dan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal Islamic Education Manajemen, 4 (2)

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Eki Dwi Putri. (2022). Implementasi Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu MTS Swasta Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(2), 39-53. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/196