Pengaruh Labeling Electronic Dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5–6 Tahun Di Taman Kanak–Kanak Sabbihisma 2

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.213

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan  dengan tujuan untuk melihat dampak dari penerapan media labeling electronic pada upaya pengembangan kosakata bahasa Inggris anak yang berumur 5-6 tahun pada TK Sabbihisma 2 Ulakkarang. Sampel yang diambil pada penelitian ini yakni anak-anak pada TK Sabbihisma 2 Ulakkarang melalui jumlah 20 anak yang mencakup atas 10 anak pada kelas B3 yang menjadi grup untuk eksperimen dan 10 anak pada kelas B6 yang menjadi grup control. Desain dari penelitian ini yakni quasi eksperimen melalui penggunaan pre-test dan post-test group control. Pada penelitian ini,teknik yang dipakai yakni teknik untuk mengumpulkan data pada eksperimen dan observasional. Menguji cobakan instrument penelitian dengan memvalidasinya secara professional judgement dan hasilnya bisa diperhatikan melalui penggunaan SPSS 20, yang menunjukkan taraf signifikan 0,003. perolehan efeck size sebesar 4,2.disimpulkan termasuk dalam kategori tinggi, dengan demikian penggunaan media labeling electronic terhadap pengenalan kosa kata dalam bahasa Inggris memberikan pengaruh yang signifikan.

Keywords: kosa kata anak, bahasa Inggris, labeling electronic.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Aisyah, S. ., & Suryana, D. . (2022). Pengaruh Labeling Electronic Dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5–6 Tahun Di Taman Kanak–Kanak Sabbihisma 2. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 90-97. https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.213