Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini

Yaniar Yumna Anggraeni, Rizky Drupadi, Ulwan Syafrudin

Abstract


This study aimed to investigate the influence of family communication patterns on emotional development in early childhood. The quantitative research with expofacto method was employed through survey. Data collection in this study used a questionnaire shown to parents to obtain data on family communication patterns and emotional development. The results showed that family communication patterns had no significant effect on emotional development in early childhood with a significance value of 0.089 (p <0.05), meaning that family communication patterns could not affect emotional development in early childhood; family communication patterns provide an effective contribution of 20.6% to emotional development.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi keluarga terhadap perkembangan emosi anak usia dini. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis studi expo facto dengan pengambilan data secara survey. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditunjukkan kepada orang tua untuk memperoleh data pola komunikasi keluarga dan perkembangan emosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan emosi anak usia dini dengan nilai signifikansi 0,089 (p<0,05), artinya pola komunikasi keluarga tidak dapat mempengaruhi perkembangan emosi pada anak usia dini; pola komunikasi keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 20,6% terhadap perkembangan emosi.

Kata Kunci : pola komunikasi keluarga, perkembangan emosi, anak usia dini


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22279


Full Text:

PDF

References


Carlson, L., Grossbart, S., & Stuenkel, J. K. (1992). The Role of Parental Socialization Types on Differential Family Communication Patterns Regarding Consumption. Journal of Consumer Psychology, Volume 1(1): 31-52. [https://doi.org/10.1016/S1057-7408(08)80044-7].

Chofifah, N., Paradise, M. R., & Azkia, M. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2): 77–90. [https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05].

Denham, S. A., Cook, M., & Zoller, D. (1992). ‘Baby looks very sad’: Implications of conversations about feelings between mother and preschooler. British Journal of Developmental Psychology, 10(3):301-315. [https://doi.org/10.1111/j.2044-835x.1992.tb00579.x].

Denham, S., & Salisch, M. Von. (2002). In C. Hart & P. K. Smith (Eds.), Handbook of child social development. NY: Blackwell Publishers. 2002. 1–25.

Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2019). Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3): 91-97 [https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.41].

Eisenberg, N., Fabes, R. A., Nyman, M., Bernzweig, J., & Pinuelas, A. (1994). The Relations of Emotionality and Regulation to Children’s Anger‐related Reactions. Journal Child Development, 65(1): 109-128. [https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.1994.tb00738.x].

Elizabeth Hurlock. (1997). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga. In Erlangga.

Febiola, S., & Hazizah, N. (n.d.). Peran Keluarga dalam Menangani Emosi Negatif dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.

Gross, J. J., & Thompson, R. (2007). Emotion regulation: Conceptual foundations. J. J. Gross (Eds.) Handbook of Emotion Regulation, November, 3–24.

Khusniyah, N. L. (2018). Peran orang tua sebagai pembentuk emosional sosial anak. Jurnal Qawwãm, 11(2): 87–102.

Martani, W. (2012). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi, 39, (1): 112–120.

Mulyana, E. H., Gandana, G., Zamzam, M., & Muslim, N. (2017). Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Dwp Kecamatan Tawang. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2): 214–232.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2): 103-111 [https://doi.org/10.22146/bpsi.10567].

Parke, R. D. (2004). Development in the family. Journal Annual Review of Psychology, 55(1): 365-399.[https://doi.org/10.1146/annurev.psych.55.090902.141528].

Putri, R. E., Pd, S., & Si, M. (2015). Permasalahan Perkembangan Sosial Dan Emosi Anak Usia Dini Di Tkn 01 Koto Parik Gadang Diateh (Kpgd) Kabupaten Solok Selatan. Strata I, 0–5.

Rahmah, S. (2018). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak St. Rahmah UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33):13–31.

Rahmawati, muragmi gazali. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Jurnal Al-Munzir, 11(2): 163–181.

Rose, G. M., Bush, V. D., & Kahle, L. (1998). The Influence of Family Communication Patterns on Parental Reactions toward Advertising: A Cross-National Examination. Journal of Advertising, 27(4): 71–85. [https://doi.org/10.1080/00913367.1998.10673570].

Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling (Semarang).

Sari, A., Hubeis, A., Mangkuprawira, S., & Saleh, A. (2010). Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga Dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 8(2): 36-45. [https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.8.2].

Setyowati, Y. (2013). Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 2(1): 67-78 [https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.253].

Stack, D. M., & Poulin-dubois, D. (1998). Socioemotional And Cognitive Competence In Infancy * Paradigms , Assessment Strategies , and Implication s for Intervention. 37–38.

Steede, K. (n.d.). 10_Kesalahan_Orangtua_Dalam_Mendidik_Anak.

Sujiono, yuliani nurani. (2008). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. 121.

Suprobo, sharif bagus. (2018). Hubungan Antara Pola Komunikasi Keluarga Dengan Perilaku Agresif Siswa Sma Tiga Maret (Gama) Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats