MANAJEMEN PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SANTRI (STUDI ANALISIS ORGANISASI SANTRI MAHASISWA PESMA AN NAJAH PURWOKERTO)
Abstract
Peneliti melihat manajemen pengembangan bakat dan minat santri Pesantren
Mahasiswa An Najah Purwokerto sangat representatif untuk diulas.
Pengembangan bakat dan minat santri sudah disentuh dengan manajemen
yang baik. Manajemen itu terlihat dari keberadaan Organisasi Santri
Mahasiswa (Osma) yang masuk pada kurikulum pendidikan Pesma An Najah
Purwokerto. Melalui Osma itulah, santri diarahkan untuk mengembangkan
bakat dan minatnya. Tujuannya adalah membentuk mental santri yang
berdaya saing dengan mampu menunjukkan skill atau bakat minatnya ketika
kelak terjun di masyasrakat. Santri diharapkan tidak hanya bergelut di dunia
keagamaan saja, melainkan juga dalam aspek kehidupan yang lain. Pesma An-
Najah Purwokerto memiliki keunikan dibanding Pesantren lainnya di area
Banyumas. Pesma an-Najah ini memiliki organisasi santri mahasiswa yang
beragam dibanding pesantren lainnya. Ada beberapa organisasi santri yang
tidak dimiliki pesantren lainnya yakni komunitas pondok pena, an-Najah
kreatif, OSMA AArJEC (An-Najah Arabic Javanese English Community), OSMA
AEC (An-Najah Enterpreuner Club), OSMA Luthfunnajah dan NH Perkasya An-
Najah.
References
Syafaruddin. Manajemen lembaga Pendidikan Islam. Jakarta:Ciputat Press. 2005
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. 1996
Widjaja Tunggal, Amin. Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.
1993
Arifin, Zaenal. Pengembangan Manajemen Kurikulum Mutu Pendidikan Islam.
Yogyakarta: Diva Press. 2012
An-Nidzam Vol. 6 No. 1, Januari-Juni 2019
146
Terry, George. Asas-asas Menejemen. Bandung: PT Alumni. 2006
Sudjana, Djudju. Manajemen Program Pendidikan Nonformal dan Pengembangan
SDM. Jakarta: Fallah Production. 2004
T, Hani Handoko. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE 2012
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
2011
Poerbakawatja, Soegarda. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Rajawali. 1989
Hakim, Thusan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspawara, 2000
Darajat, Zakiah. Mencari Bakat Anak- Anak. Jakarta: Bulan Bintang
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada 2003
Bahri Djamarah, Syaiful. Guru & Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010
Mulyasa. Manajemen & Kepemimpinan kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
2011
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka
Cipta
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada. 2005
B. Hurlock, Elizabeth. Child Development. Japan: Mc. Graw Hill. 1978
Hakim Nasution, Andi. Anak-Anak Berbakat Pendidikan dan Pembinaannya.
Jakarta: Bunga Rampai. 1993
Bahri Djamarah, Syaiful. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Copyright (c) 2019 Ulpah Maspupah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).