EVALUASI PROGRAM UMKM DESA GO DIGITAL PADA KKN IAINU KEBUMEN ANGKATAN XXIII TAHUN AKADEMIK 2018/2019
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk
mengevaluasi pelaksanaan program UMKM Desa Go Digital sebagai salah satu
program dalam KKN IAINU Kebumen Angkatan XXIII. Model evaluasi yang
digunakan adalah discrepancy evaluation model, Provus. Populasi penelitian
ini adalah Pelaku usaha di kecamatan Ambal, kecamatan Buluspesantren
dan Kecamatan Klirong yang mengikuti program tersebut. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis kuantitatif yang dilakukan, diketahui aspek kesesuain
dengan pedoman KKN memperlihatkan rata-rata total skor capaian 89.52
dengan kesenjangan (discrepancy) mencapai 10.48, aspek keterlaksaan
rencana tindak lanjut memperlihatkan rata-rata total skor capaian 91.62
dengan kesenjangan (discrepancy) mencapai 8,38 sedangkan aspek ketercapain
tujuan program memperlihatkan rata-rata total skor capaian 68.145 dengan
kesenjangan (discrepancy) mencapai 31.855 sehingga dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan program UMKM Desa Go Digital KKN IAINU kebumen pada aspek
kesesuaian rencana tindak lanjut dengan pedoman KKN, aspek keterlaksanaan
rencana tindak lanjut dan aspek ketercapain progaram telah tercapai dengan
krite- ria “Sangat Efektif”. Selanjutnya, diketahui bahwa terdapat lima faktor
pendukung. Dan sembilan faktor penghambat
References
2018/2019
Lantip Diat Prasojo, Fredrik Abia Kande, Amirul Mukminin. Evaluasi
Pelaksanaan Standar Proses Pendidikan Pada Smp Negeri Di
Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Volume 22, No 1, June 2018 (61-69)
An-Nidzam Vol. 6 No. 1, Januari-Juni 2019
66
Provus M. (1969). The Discrepancy Evaluation model an approach to Local
Program Improvement and Development. Pensylvania; PittsburgPubloc
School
Provus, M. (1969). The discrepancy evaluation model an approach to local
program improvement and development. Pensylvania: PittsburgPublic
School.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Bandung: AlFabeta
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Susanti Murwitaningsih. Evaluasi Program Siaran Pendidikan Interaktif
Televisi Edukasi Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Evaluasi Pendidikan Volume
7, Nomor 1, Maret 2016
Copyright (c) 2019 Imam Subarkah,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).