PENERAPAN SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA MTsN I WAKATOBI

Wa Ode Raslimin, Laode Anhusadar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara tepat pengaruh penerapan sikap terhadap hasil belajar siswa MTsN I Wakatobi kelas VII A. Penelitian ini merupakan penelitian PTK. Rancangan  penelitian  ini  menggunakan  Penelitian  Tindakan  Kelas yang dilaksanakan secara lazim sesuai dengan prinsip Penelitian Tindakan Kelas  yaitu  meliputi  4  tahap:  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  dan refleksi. Dalam penelitian ini, yang penulis jadikan sebagai subjek penelitian adalah  siswa  kelas VII A MTsN I Wakatobi Kabupaten Wakatobi   Tahun   Pelajaran   2017/2018 semester Genap,  yang berjumlah 34 orang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan 3 metode, yaitu: mengadakan  tes atau evaluasi terhadap peserta didik melalui pre test dan post test untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami konsep membaca dan menulis awal Bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis terhadap siswa kelas VII A MTsN I Wakatobi melalui penerapan sikap dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII A, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan sikap dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa  Indonesia  pada  siswa  kelas  VII A MTsN I Wakatobi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung : Remaja

Rosdakarya. 1988

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka

Cipta. 2010

Azwar. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sikap. http:www.duniapsikologi.com

diunduh 13 September 2017. 2012

David O. Sears. Jonathan L. Freedman dan L. Anne Peplau. Psikologi Sosial.Jakarta:

Erlangga. 1985

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya. 2006

Eka, Rita. Siti Partini. Yulia Ayriza Dkk. Perkembangan Peserta Didik.

Yogyakarta: UNY Press. 2008

Esti, Sri. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo. 2006

Hadi, S. Analisis Regresi (Cetakan VI). Yogyakarta: Andi Offset. 1995

http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/viewFile/290/777.

Ilyasin, Mukhamad. Seni Mendidik dalam Pendidikan. Samarinda:Absolut Media.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:Multi Pessindo. 2008

Kendari, EJournal IAIN. "EJournal IAIN Kendari."

Nana Syaodih Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT

remaja Rosdakarya. 2004

Narwoko Dwi dan Bagong Yuryanto. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group. 2004

Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: BPFE. 2011

Nurgiyantoro, Burhan. Gunawan dan Marzuki. Statistik Terapan: untuk Penelitian Ilmu-

Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2009

Priyatno, Duwi. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan

SPSS. Yogyakarta : Gava Media. 2010

Purwanto. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi Pendidikan.

Surakarta:Pustaka Pelajar. 2007

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:

Balai Pustaka. 2001

Rusni, Rusni. "Fenomena Kekerasan Seksual Terhadap Anak." Shautut Tarbiyah 35.2 (2017): 51-68.

Rusni, R. (2017). Fenomena Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Shautut Tarbiyah, 35(2), 51-68.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono. Nur, Kartika F. Farida Harahap Dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta :

UNY Press. 2007

Sugiyono. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2008

Syah Muhibin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja

Rosda Karya. 2004

Wahyono, Teguh. 2009. 25 Model Analisis Statistik dengan SPSS Versi 17. Jakarta: PT

Elex Media Komputindo. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v4i1.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wa Ode Raslimin, La Ode Anhusadar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats