MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM MENGEMBANGKAN POLA KEPEMIMPINAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Argista Rahmaini, Khanan Auladi, Urip Meilina Kurniawati, Istiningsih UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: model kepemimpinan transformatif, pola kepemimpinan, kepala madrasah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan buat mengenali model kepemimpinan transformasional yang digunakan dalam penyusunan model kepemimpinan di Madrasah Ibtidaiyah( MI). Penelitian ini menggunakan prosedur kualitatif dengan melaksanakan penelitian kepustakaan. Cara pengumpulan informasi terdokumentasi yang diperoleh dari bermacam sumber antara lain novel, dokumen serta jurnal nasional terpaut model kepemimpinan transformasional. Hasil riset ini menampilkan kalau model kepemimpinan transformasional bisa meningkatkan model kepemimpinan negara Islam (Madrasah Ibtidaiyah (MI)), jadi lebih baik serta lebih peka terhadap transformasi serta pertumbuhan era serta iptek, dan sanggup menyesuaikan diri dengan peristiwa terbaru ataupun peristiwa yang hendak tiba. Model kepemimpinan transformatif kepala sekolah Islam merupakan katalisator, inovator, motivator, panutan, motivator, perencana aksi, perencana tujuan, pemimpin serta penghubung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin, M. Yusuf. “Model Kepemimpinan Transformatif (Kajian Kepemimpinn Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam”. Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 7. No. 2, (2017): 14-33. doi: https://doi.org/10.36835/hjsk.v7i2.3280

Asmiyati. “Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriliyo I Wukirasari Imogiri Bantul”. Jurnal Pendidikan Madrasah. 3. No. 1. (2018): 41-54. doi: https:doi.org/10.14421/jpm.2018.31-04

Assingkily. “Muhammad Shaleh. Karakteristik Kepemimpinan Transformasional di Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Relevansinya dengan Visi Pendidikan Abad 21. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 4. No. 1, 150. (2019): 147-168. doi: https://doi.org/10.144421/manageria.2019.41-09

Bustari, dkk. “Kepemimpinan Transformatif dalam Lembaga Pendidikan Islam”. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1. No. 2. (2020).

Fatonah, Isti. “Kepemimpinan Pendidikan”. Jurnal Tarbawiyah. Vol. 10. No. 2. (2013): 109-125.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: CV. Literasi Nusantara, 2019.

Indarti, Luluk. “Dimensi-dimensi Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam”. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 05. No. 01. (2017). 21-36. doi:https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.21-36

Kholiq, Abdul. “Model Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah”. Jurnal Ilmiah Studi Islam. 17. No. 1. (Desember 2017). 34-52.

Komsiyah, Indah. “Kepemimpinnan Transformatif Perkembangan dan Implementasinya Pada Lembaga Pendidikan”. Ta’allum. Vol. 04. No. 02. (2016). 293-316. doi:https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.2.293-316.

Kuswaeri, Iwan. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah”. Tarbawi. 2. No. 02. (Juli-Desember 2016).

Nadira, Dira. “Pola Kepemimpinan Kepala Sekoah di Yayasan Pendidikan Islam Amir Hamzah”. Jurnal Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1. No. 1. (2017).

Nurlena. “Tugas dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah”. Jurnal Pendidikan Islam. 4. No. 1. (2020). 24-32.

Parida, Lusila, Sirilus Sirhi dan Danie Dike. “Pola Kemepmimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Karakter di Sekoah Dasar Kota Sinntang-Kalimantan Barat”. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. 6. No. 2. (Desember 2019). 145-164.

Rahmawati, Wasik Fajar. “Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. (2020)

Rofik, Chaerul. “Kepemimpinan Transformasional dalam Lembaga Pendidikan Madrasah”. Jurnal Penelitian Agama. 20. No. 2. (Juli-Desember 2019). 203-226.

Septaningrum, Noor. Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. (2015).

Sila, I Made dan Ida Bagus Rai. “Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengatas Penyalah Gunaan Narkoba Pada Siswa di Sekolah Menengah Atas Dwijendra Denpasar”. Widya Accarya. 9. No. 2. (2018). 3. doi: https://doi.org/10.46650/wa.9.2.640.%25p

Sudharto. “Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Suasana Kerja Terhadap Kinerja Guru”. JMP. 1. No.2. (Agustus 2012). doi:https://doi/org/10.26877/jjmp.v1i2.308

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alvabeta. 2019.

Sukino, Arief. “Kepemimpinan Transformatif dalam Pengembangan Manajemen Madrasah Beroriaentasi Mutu. An-Nidzam”. 03. No. 01. (2016): 81-100.

Suminto. “Karakteristik Kepemimpinan Transformatif,” Pedagogy . 4. No. 1. (2017): 1-9.

Syafnan. “Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Ta’dib. 13. No. 1. (2010). doi:https://dx.doi.org/10.31958/jt.v13i1.177.

Syarafudin. “Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Menengah”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 4. No. 22. (2019): 128-136. doi:https://doi.org/10.29303/jipp.v4i2.94

Wahyudin, Ujang, “Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Akhlak Peserta didik. Jurnal Tawazun”. 11. No. 1. (Januari-Juni. 2018). 52-73. doi:http://dx.do.org/10.2832/tawazun.v1i1.1659

Wekke, Ismail Suardi, Efa Rubuwati dan Siti Nurjannah. “Kepemimpinan Transformatif di Madrasah Minoritas Muslim Papua Barat”. J_MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam). 2. No. 1. (2017): 1-10. doi: https://doi.org/10.18860/jmpi.v2i1.4354
Published
2021-06-22
How to Cite
Argista Rahmaini, Khanan Auladi, Urip Meilina Kurniawati, Istiningsih. 2021. “MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM MENGEMBANGKAN POLA KEPEMIMPINAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 10 (1), 87-112. https://doi.org/10.51226/assalam.v10i1.206.
Section
Articles