KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL MARANSI

Arif Rahman Hakim, Herry Nur Hidayat, Pramono Pramono

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan konflik-konflik tokoh yang mengalamipertikaian kondisi sosial di dalam novel Maransi. Konflik yang dibahas dalamnovel ini berupa perkara-perkara rumah gadang, tanah pusaka, gelar pusaka, hargadiri dan peran mamak dalam membimbingkemenakan.Penelitian ini dibatasipada konflik sosial yang terjadi antara mamak dan kemenakan.

Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian berupa studi kepustakaan. Data terdiri dari data primer berupa  teks yang bersumber pada novel Maransi dan data sekunder berupa referensi yang  berdekatan dengan objek penelitian. Teknik analisis data dengan memilah danmemilihkonflik-konflikyangmenunjukkanpermasalahanpadamamakdankemenakan.

Sesuaidengantujuanpenelitian,hasilanalisisyangdihasilkanmenunjukkankonflik-konfliksosialberupapergeseranperanmamaksebagaiorang yang dituakan dalam kaum pada pengambilan keputusan mendirikan rumahgadang.HilangnyacitrakepemimpinanmamakdandatukdimasyarakatMinangkabauyanglebihmengedepankankepentinganpribadinyadanmendahulukan kepentingan keluarga dan anaknya. Terjadinya pergeseran peranmamak dalam mengendalikan harta pusaka dan sako sebagai warisan yang harusditurunkankepadakemenakan.Kurangnyaperanmamakberupabimbingankepada kemenakan. Tidak adanya komunikasi yang kondusif antara mamak dankemenakan.


Keywords


konflik sosial; tokoh; mamak; kemenakan; Minangkabau

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, Abu. 1979. Psikologi Sastra. Surabaya: Penerbit PT. Bina Ilmu.

Diradjo, Ibrahim Dt. Sanggoeno. 2009. Tambo Alam Minangkabau: Tatanan Adat Warisan Nenek Moyang Orang Minang. Bukittingi: Kristal Multimedia.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistemologi , Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Widyatama.

Endraswara, Suwardi. 2013. Sosiologi Sastra: Studi, Teori, dan Interpretasi. Yogyakata: Penerbit Ombak.

Escarpit, Robert. 2008. Sosiologi Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Fananie, Zainuddin. 2000. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Fatimah, Siti. 2008. “Mencermati Perubahan Sosial Masyarakat Minangkabau Melalui Novel Tamu karya Wisran Hadi”. dalam jurnal Humaniora vol. 20. diakses pada tanggal 24 Januari 2018.

K, Anggi Zoriyati. 2008. “Protes Sosial dalam Novel Sitti Nurbaya karya Marah Rusli: Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra”. (Skripsi). Padang. Universitas Andalas.

LKAAM. 2002. Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah: Pedoman Hidup Banagari. Padang: Sako Batuah.

Marajo, Sjafnir Dt. Kando. 2006. Siriah Pinang Adat Minangkabau: Pengetahuan Adat Minangkabau Tematis. Padang: Sentra Budaya.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M.S, Amir. 2011. Adat Minangkabau: Pola dan Tujuan Hidup Orang Minang. Jakarta: Penerbit Citra Harta Prima.

Navis, A. A. 1984. Alam Takambang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Penerbit PT Grafiti

Pradopo, Rachmat Djoko. 1994. Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (PPIM) Sumbar. 2005. Ensiklopedi Minangkabau: Edisi Awal. Padang: PPIM.

Putri, Fitria. 2014. “Pergeseran Peran Mamak dalam Teks Lagu Minangkabau Analisis Sosiologi Sastra”. (Skripsi). Padang. Universitas Andalas.

Putri, Silvy Riana. 2009. “Kritik Atas Kekuasaan Mamak Terhadap Kemenakan dalam Didjemput Mamaknya oleh Hamka”. (Skripsi). Depok. Universitas Indonesia.

Ratna, Nyoman Kutha. 2003. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rizal, A. A. 2017. Maransi. Bandung: Penerbit Angkasa

Syaputra, Andri. 2012. “Konflik Mamak dan Kemenakan dalam Naskah Randai Kaki Takabek Tangan Baelo karya Irwandi: Tinjauan Sosiologi Sastra”. (Skripsi). Padang. Universitas Andalas.

Taum, Yoseph Yapi. 1997. Pengantar Teori sastra. Flores: Penerbit Nusa Indah.

Zainuddin, H. Musyair. 2010. Implementasi Pemerintah Nagari Berdasarkan Hak Asal-Usul Adat Minangkabau. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v9.i1.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REPOSITORI / TERINDEKS DALAM

          

 

 

 

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter