Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata

Authors

  • Mohammad Fauziddin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Makhyatul Fikriya Pondok Pesantren Hamalatul Quran Jogoroto Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.6

Keywords:

kemampuan mengenal kosakata, , kosakata bahasa arab, permainan kartu huruf hijaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal kosakata bahasa arab pada anak usia dini melalui permainan kartu huruf Hijaiyah yang dilengkapi dengan kosakata bahasa arab. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek sejumlah 18 anak. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui teknik prosentase. Hasil penelitian diperoleh melalui permainan kartu huruf hijaiyah yang dilengkapi kosakata mampu menarik perhatian anak sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif sehingga berpengaruh pada peningkatan kemampuan mengenal kosakata bahasa arab terutama kosa kata bahasa arab yang ada pada kartu. Dapat disimpulkan bahwa pengunaan permainan kartu huruf hijaiyah yang dilengkapi kosakata bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan mengenal bahasa Arab pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, D. N. (2019). Peran Orang Tua terhadap anak usia dini (usia 2 tahun) yang mengalami Picky Eater. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(1), 38–43. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i1.18

Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6

Andriyani, R., Masrul, M., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Becerita terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.3

Ardi Widodo, S. (2006). Model - Model Pembelajaran Bahasa Arab. Al-’Arabiyah, 2(2), 2–14.

Fatah, A. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab (Respon, Tantangan Dan Solusi Terhadap Perubahan). Arabia, 8(1), 1–28. https://doi.org/10.21043/arabia.v8i1.1942

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Mashuri, M., & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 346. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2368

Nazarah, H. (2017). Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Arab melalui Pemanfaatan Media Gambar pada Anak Kelompok B Di RA Al-Jannah Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 113. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4651

Ni’mah, K. (2013). Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. 84, 487–492. Retrieved from http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Ningrum, I. W. T., Usada, U., & Rahmawati, A. (2014). Peningkatan Pemahaman Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Bulurejo Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2013-2014. Kumara Cendekia, 42(6), 1–6.

Nurjannah. (2014). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II SDN 5 Soni. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(8), 290–313.

Rahma, D. (2017). Penggunaan Alat Permaian Edukatif untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Fikri. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Ramadhan, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 3(2), 180–189.

Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, Volume 13(2), 27–35. https://doi.org/10.34001/TARBAWI.V13I2.590

Sumarjana. (2019). Alat Peraga sebagai Media Pembelajaran |. Retrieved April 7, 2020, from radarsemarang.id website: https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/opini/2019/10/03/alat-peraga-sebagai-media-pembelajaran/

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2).

Vortuna, D., Syafdaningsih, & Ratiyah. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Permainan Kartu Huruf pada Kelompok B4 TK Negeri Pembina 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Tumbuh Kemb, 5(2), 1–13.

Yuyun Istiana. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Didaktika, Vol. 20 No. 2 Februari 2014, 5(1), 329–333. https://doi.org/10.1101/112268

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. Journal of Education Research, 1(1), 46–54. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.6

Issue

Section

Articles

Citation Check