PENERAPAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD

  • Astuti Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Realistic Mathematic Education, Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa mudah lupa dengan materi yang diajarkan dan kurang memahami konsep dengan baik karena konsep materi bagi anak kurang diperhatikan. Dalam pendekatan RME ini menekankan akan pentingnya konteks nyata yang dikenal siswa dan proses konstruksi pengetahuan matematika oleh siswa sendiri sehingga konsep yang diterima siswa lebih bermakna. Penelitian ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru pada materi operasi hitung pecahan. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari tes pengetahuan dan pemahaman siswa melalui ulangan harian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 85,22% (Kategori: Amat Baik) dan pada siklus II adalah 93,18% (Kategori: Amat Baik). Sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 70,5% (Kategori: Cukup) dan meningkat menjadi 86,3% (Kategori: Baik) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada skor dasar adalah 69,2 meningkat menjadi 92,1 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 95,9 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II tercapai. Ini artinya bahwa penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Astuti. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], N. 2, P. 11-28, Oct. 2016. Issn 2579-9258.
Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,Suharsimi, dkk Tt. 2006. Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Trech : CD Press.
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Purwanto, M. Ngalim. 2007. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi, ET. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA Bandung: Tarsito..
Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : R Rosdakarya
Syahrifuddin,dkk. 2009. Psikologi Pendidikan. Pekanbaru: Cendikia Insani
Syahrifuddin,dkk. 2011. Bahan Ajar Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru: Cendikia Insani
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta : Renika Cipta.
Sulistyowati, Sofchah. 2001. Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien. Pekalongan : Cinta Ilmu Pekalongan
Sutikno, Sobry, M.. 2007. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram : NTP Press
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, H. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Zulfah, Zulfah. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar.Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], N. 2, P. 65-76, Mar. 2018. Issn 2579-9258.
Zulfah, Zulfah. Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas Viii Mts Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], V. 1, N. 1, P. 1-5, May 2017. Issn 2579-9258.
Published
2018-05-01
How to Cite
Astuti, A. (2018). PENERAPAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49-61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Share |

Most read articles by the same author(s)