Penerapan Perilaku Altruistik dalam Layanan Konseling Individu Oleh Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Authors

  • Hengki Yandri Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Moh Kamil Fikri Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Dosi Juliawati Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.335

Keywords:

Altruistik, Konseling Individu, Guru Bimbingan dan Konseling

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi guru BK di sekolah dalam melaksanakan layanan konseling individu belum memperlihatkan perilaku altruistik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan tingkat penerapan perilaku altuistik dalam layanan konseling individu oleh guru BK di sekolah menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 74 orang yang pernah mendapatkan layanan konseling individu dari guru BK. Hasil peneltian ini mengungkapkan bahwa rata-rata tingkat penerapan perilaku altruistik guru BK dalam melaksanakan layanan konseling individu berada pada kategori sedang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ghazali, I. (2003). Ihya Ulumuddin. Semarang: Asy syifa.
Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gatot, S. (2015). Hubungan tingkat religiusitas dengan perilaku altruistik pada santri di pondok pesantren Futuhiyyah Mranggen Kab. Demak (Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo).
Geldard, K & Geldard, D. (2011). Keterampilan Praktik Konseling; Pendekatan Integratif. Alih bahasa: Eva Hamdiah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Juliawati, D. (2016). Peran Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Mengurangi Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).
Juliawati, D., & Yandri, H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 19-26.
Juwariyani, P. (2013). Hubungan kebermaknaan hidup dengan perilaku altruistik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Munro, E.A., Manthei, R.J & Smalll, J.J. (1983). Penyuluhan: Suatu Pendekatan Berdasarkan Keterampilan. Alih bahasa: Erman Amti. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prayitno dan Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Prayitno. 2009. Wawasan Profesional Konseling. Padang: UNP
Pujiyanti, A. (2012). Kontribusi Empati Terhadap Perilaku Altruisme Pada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Setu Bekasi. (Skripsi, Universitas Ghunadharma).
Salahudin, A. (2012). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia
Santoso, dkk. (2015). Life Model dalam Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Peduli Sosial, Tanggung Jawab dan Bersahabat Pada Siswa: Jawa Timur PD ABKIN
Searis, N. (2016). Perbedaan Kecerdasan Moral dan Perilaku Altruisme Siswa yang Tinggal di Pesantren dan Non Pesantren di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kediri (Skripsi, Universitas Islam Negeri Malang)
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sujadi, E. (2018). Kode Etik Profesi Konseling Serta Permasalahan dalam Penerapannya. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14 (2), 69-77. doi:10.32939/tarbawi.v14i2.298
Willis, S. S. (2007). Konseling Individual, Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.
Yandri, H. (2016). Kepribadian Konselor dan Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).
Yandri, H. (2016). Penerapan Sugesti pada Layanan Konseling Perorangan dalam Mengurangi Perilaku Merokok pada Siswa Di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).
Yandri, H., & Juliawati, D. (2017). Burnout pada Guru BK/Konselor Sekolah. Konselor, 6(2), 61-65.
Yudha, T. I. (2014). Hubungan antara Kematangan Beragama dengan Perilaku Altruistik Siswa di SMK Negeri Temayang Bojonegoro (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Yusuf, A. M. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press
Yusuf, S & Nurihsan, J. A. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya

Published

2019-06-30

Most read articles by the same author(s)