SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI INQUIRY BASED LEARNING DI KELAS VII SMP PALEMBANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran self efficacy siswa dengan strategy inquiry based learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.I SMP Negeri 22 Palembang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Observasi digunakan untuk mengetahui self efficacy siswa sejak awal proses pembelajaran dengan cara memberi tanda centang untuk setiap indikator yang tampak. Angket disajikan dalam bentuk skala Likert, dimana pernyataan yang diajukan berupa pernyataan positif dan negatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menjumlahkan skor yang diperoleh dan menentukan letak dari jumlah skor yang diperolah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Efficacy siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 90,62% termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor observasi sebesar 59,38% dan skor angket sebesar 90,62%.